International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Eks Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Telah Ke Luar dari Laps Sukamiskin

Mantan Gubernur Daerah Istimewa Aceh, Irwandi Yusuf, telah ke luar dari Lapas Sukamiskin.

BANDUNG – Mantan Gubernur Daerah Istimewa Aceh, Irwandi Yusuf,  kini sudah bisa menghirup udara bebas setelah dikeluarkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Kota Bandung.

Kepala Lapas (Kalapas) Sukamiskin Elly Yuzar menjelaskan jika Irwandi Yusuf ke luar dari Lapas Sukamiskin, Selasa (25/10) sore.

“Ya, betul, Pak Irwandi sudah keluar dari Lapas Sukamiskin kemarin sore,” ungkap Elly saat dikonfirmasi, Rabu (26/10).

Irwandi Yusuf sendiri belum sepenuhnya bebas. Statusnya masih menjalani masa pembebasan bersyarat setelah selesai menjalani 2/3 masa hukumannya.

“Jadi perlu saya garis bawahi, Pak Irwandi Yusuf belum bebas. Beliau menjalani pembebasan bersyarat setelah selesai menjalani 2/3 masa hukuman,” ujarnya.

Masa pembebasan bersyarat, kata dia, merupakan hak yang dapat diperoleh setiap warga binaan, termasuk Irwandi Yusuf yang diatur oleh undang-undang.

“Bebas bersyarat itu hak warga binaan yang diatur undang-undang. Kalau kita tidak berikan, kita justru yang melanggar undang-undang dong,” katanya.

Irwandi Yusuf kini sudah tidak berstatus warga binaan Lapas Sukamiskin, namun Elly menyatakan bahwa status Irwandi Yusuf saat ini merupakan klien Balai Pemasyarakatan.

Elly menuturkan, selain diawasi Balai Pemasyarakatan, gerak-gerik Irwandi Yusuf selama menjalani masa pembebasan bersyarat pun akan diawasi oleh pihak Kejaksaan.

“Jadi, Pak Irwandi Yusuf kini dalam pengawasan dua lembaga, yakni Balai Pemasyarakatan dan Kejaksaan. Statusnya pun saat ini menjadi klien Balai Pemasyarakatan,” jelasnya.

Selama menjalani masa pembebasan bersyarat, terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh Irwandi Yusuf.

“Jika dilanggar, status bebas bersyaratnya akan dicabut atau dibatalkan dan wajib menjalani kembali menjalani sisa pidana di Lapas Sukamismin,” tegasnya.

Selama menjalani hukuman di Lapas Sulamiskin, Irwandi Yusuf terbilang baik-baik saja, seperti halnya warga binaan Lapas Sukamiskin lainnya.

“Selama menjalani masa hukuman beliau baik-baik saja. Semua warga binaan Lapas Sukamismin umumnya baik-baik saja, mereka kan sudah tua-tua juga, gak perlu kita marah-marahin, cukup disindir sudah ngerti,” tandas Elly.

Irwandi sendiri dijebloskan ke Lapas Sukamiskin pada 14 Februari 2020. Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi Irwandi ke Lapas Sukamiskin lantaran vonisnya telah berkekuatan hukum tetap. Dia merupakan terpidana perkara suap proyek yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Tahun 2018. Irwandi menerima suap sebesar Rp1,05 miliar dari Bupati Bener Meriah. Irwandi juga dinyatakan terbukti menerima gratifikasi sebesar Rp8,7 miliar selama menjabat gubernur di Aceh.  ***

Osmar Siahaan

Komentar