International Media

Selasa, 4 Oktober 2022

Selasa, 4 Oktober 2022

Dybala Tampil Ciamik untuk Roma

Paulo Dybala (kanan) disambut rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang HJK,

ROMA – AS Roma merebut kemenangan pertamanya di Liga Europa 2022/2023 dengan mencukur wakil Finlandia, HJK, 3-0, di Olimpico, Jumat (16/9) dinihari WIB. Gol Giallorossi dicetak Paulo Dybala, Lorenzo Pellegrini dan Andrea Belotti.

AS Roma langsung diuntungkan kartu merah lawannya pada menit ke-15, setelah Miro Tenho sebagai pemain terakhir melanggar Andrea Belotti.

Namun keunggulan pemain belum bisa dimaksimalkan Roma pada babak pertama yang berakhir tanpa gol. Baru di babak kedua, I Lupi mulai membuka keran golnya.

Perubahan yang dilakukan Jose Mourinho saat turun minum berbuah positif untuk AS Roma.  Ia memasukkan Dybala dan Chris Smalling, sekaligus mengubah pola pertahanan menjadi lini empat bek. Ia mendorong dua bek sayap yakni Rick Karsdorp dan Leonardo Spinazzola, untuk naik jauh ke depan, sehingga praktis Roma bermain dengan dua bek.

Namun Dybala-lah yang memberikan dampak besar. Ia langsung mencetak gol semenit setelah menggantikan Matias Vina dan Roma bermain jauh lebih positif sehingga menciptakan lebih banyak peluang.

“Pastinya Dybala mencetak gol pertama dan tim punya sikap yang berbeda. Kami menunjukkan sikap yang keliru di babak pertama, bersikap seolah-olah ini 11 lawan 11. Kami terlalu pasif, sementara Paulo (Dybala) memecah kebuntuan dan itu mengubah keseluruhan sikap. Kami berubah ke pertahanan dua bek pada dasarnya, tahu bahwa kami wajib mencetak dua gol dengan cepat dan memaksimalkan keunggulan pemain,” kata Mourinho  dikutip Football Italia.

Ini jadi kemenangan pertama Roma di Liga Europa musim ini, mengingat sebelumnya mereka kalah 1-2 dari Ludogorets Razgrad pada pekan pertama. Selanjutnya mereka bakal menghadapi Real Betis, namun lebih dulu ditunggu dua tantangan besar melawan Atalanta dan Inter Milan di Serie A.***

Vitus DP

Komentar