Dukung PPKM Mikro, Satgas Bentuk 23 Ribu Poso Covid-19 yang Tersebar di 32 Provinsi

Ilustrasi

JAKARTA – Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah melaporkan hingga saat sudah terbentuk 23.000 Posko Desa/Kelurahan. Pembentukan posko tersebut untuk mendukung pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

Meski yang melaksanakan PPKM mikro hanya 10 Provinsi yakni 7 Provinsi di Jawa-Bali dan 3 wilayah baru yakni Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan. Namun, 23.000 Posko ini tersebar di 32 Provinsi.

“Pelaksanaannya ada kurang lebih 23.000 Posko terbentuk di 32 Provinsi,” kata Dwi  secara virtual.

Dewi mengetakan, meskipun dari Instruksi Mendagri yang diwajibkan melaksanakan PPKM mikro ada di 10 Provinsi, namun provinsi lain juga berinisiatif untuk membentuk PPKM mikro sebagai penanganan Covid-19.

 Dewi pun mengatakan, PPKM mikro merupakan satu strategi terbaik untuk penanganan Covid-19.

“Sebenarnya kalau menurut saya, PPKM mikro ini adalah satu strategi terbaik untuk kita menangani Covid-19. Karena kita benar-benar mengajak semua pihak termasuk masyarakat untuk ikut serta dan gotong royong melibatkan semua sektor lintas institusi semuanya punya satu tujuan untuk sama-sama mengendalikan kasus dan menyelesaikan pandemi,” katanya.

Dengan begitu, kata Dewi, setiap daerah minimal RT atau Desa bisa saling mengingatkan untuk mengendalikan Covid-19. Apalagi, lanjut dia, ke depan akan ada libur Lebaran 2021.

“Nah bagaimana bentuk pengendalian ketika ramadhan, Posko ini diharapkan bisa menjawab tantangan dan mengendalikan kasus namun tetap sesuai dengan nilai nilai daerahnya, bagaimana pengendalian dan pengkondisian masjid untuk tarawih dan harus dipikirkan sejak sekarang,” tegas Dewi.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp