Dubes Xiao Qian Serahkan Bantuan Darurat Bencana dari Palang Merah Tiongkok ke PMI

Dubes Tiongkok Xiao Qian.

JAKARTA–Dubes Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian Rabu (14/4) lalu menghadiri prosesi penyerahan bantuan online yang diselenggarakan PMI (Palang Merah Indonesia).

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla.

Dalam kesempatan tersebut dia menyerahkan bantuan yang diberikan Palang Merah Tiongkok kepada PMI untuk bencana alam yang terjadi di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Ketua Umum PMI sekaligus mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan tokoh lainnya hadir dalam acara tersebut.

          Dubes Xiao Qian mengatakan beberapa waktu lalu telah terjadi banjir bandang dan tanah longsor di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara yang menimbulkan banyak korban jiwa.

“Pemerintah dan masyarakat Tiongkok sangat peduli dengan masyarakat di daerah terdampak bencana,” ujarnya.

Dia mengatakan, Presiden Tiongkok Xi Jinping segera mengirimkan pesan belasungkawa kepada Presiden RI Joko Widodo. Dia atas nama pemerintah dan rakyat Tiongkok menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada para korban.

Selain itu juga menyatakan belasungkawa yang tulus kepada keluarga korban dan korban terluka. Anggota Dewan Negara Tiongkok sekaligus Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi juga menyampaikan ucapan belasungkawa kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

          Dubes Xiao Qian mengatakan Tiongkok dan Indonesia adalah tetangga yang bersahabat. Bulan Januari 2021 ini, Palang Merah Tiongkok memberikan bantuan kemanusiaan kepada PMI bagi bencana gempa bumi di Provinsi Sulawesi Barat, Indonesia.

Untuk membantu pemerintah Indonesia dalam kegiatan penanggulangan bencana alam dengan baik sekaligus merefleksikan persahabatan mendalam pemerintah dan rakyat Tiongkok kepada pemerintah dan rakyat Indonesia, maka Palang Merah Tiongkok memutuskan untuk menyerahkan bantuan darurat kemanusiaan kepada PMI sebesar 100 ribu dolar AS.

“Saya atas nama Palang Merah Tiongkok akan menyerahkan bantuan tersebut kepada PMI. Saya yakin di bawah kepemimpinan yang kuat dari pemerintah Indonesia serta peran aktif bersama berbagai kalangan masyarakat, termasuk PMI, maka warga terdampak bencana akan dapat segera mengatasi kesulitan dan membangun kembali kampung halaman mereka yang indah,” ujar Dubes Xiao Qian.

“Pihak Tiongkok bersedia memberikan bantuan sesuai kemampuannya dalam penanggulangan bencana dan rekonstruksi kawasan terdampak becana sesuai dengan kebutuhan Indonesia,” imbuhnya.

          Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menyatakan terima kasih kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Menlu Wang Yi yang telah mengirimkan pesan belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi atas bencana banjir bandang dan tanah longsor di Indonesia.

Selama ini, Tiongkok selalu menjadi yang pertama memberikan bantuan ketika terjadi bencana alam besar di Indonesia. Untuk itu pihak Indonesia mengapresiasi hal tersebut.

Bantuan tanpa pamrih pihak Tiongkok ke kawasan terdampak bencana telah membantu rakyat Indonesia mengatasi bencana tersebut.  Dan kembali merefleksikan persahabatan yang mendalam antara kedua negara dan rakyat kedua negara.

Palang Merah Indonesia atas nama warga terdampak bencana menyatakan terima kasih yang tulus kepada pihak Tiongkok. Dan diharapkan kelak PMI dapat terus memperoleh dukungan dari pihak Tiongkok dalam hal penanggulangan bencana.

          Pada upacara tersebut, Dubes Xiao Qian menyerahkan bantuan kemanusiaan darurat bencana kepada Ketua Umum PMI Jusuf Kalla secara daring.

Dia juga menerima sertifikat donasi yang diserahkan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp