Dubes Tiongkok Xiao Qian Beraudiensi dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa

Dubes Xiao Qian berbincang dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia Suharso Monoarfa.

JAKARTA –Dubes Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian Kamis (1/4) lalu beraudiensi dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia/Kepala Bappenas sekaligus Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani.

          Dubes Xiao Qian mengatakan sejak tahun 2020 lalu, Tiongkok dan Indonesia telah bersama-sama merayakan ulang tahun ke-70 terjalinnya hubungan diplomatik antara kedua negara.

Hubungan level atas antara kedua negara berlangsung intens, juga aktif mendorong kerja sama anti epidemic dan ekonomi serta hubungan bilateral yang meningkat melawan tren. 

          Pihak Tiongkok bersedia bersama pihak Indonesia untuk lebih saling mengintegrasikan strategi pembangunan kedua negara, juga memperkuat sikap saling belajar sekaligus merealisasikan kerjasama saling menguntungkan.

          Suharso Monoarfa menyatakan Indonesia mengagumi pencapaian pembangunan ekonomi dan sosial Tiongkok.

Dia berharap untuk belajar dari pengalaman Tiongkok dalam pengentasan kemiskinan, perencanaan kota, ekonomi digital dan berbagai hal lainnya.

Selain itu juga memperkuat kerja sama pragmatis antara kedua negara serta mendorong pengembangan hubungan bilateral yang lebih besar.

          Kedua belah pihak kemudian saling bertukar pendapat terkait memperkuat hubungan antara Partai Komunis Tiongkok dan Partai Persatuan Pembangunan. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp