DPRD Kabupaten Bogor Soroti Kemunculan Anggaran Proyek Cibinong Senilai Ratusan Miliar

Proyek Cibinong A City Beautiful.

Cibinong – Munculnya proyek penataan ibu kota Kabupaten Bogor bernama Cibinong A City Beautiful senilai Rp424 miliar dianggap tiba-tiba. Pasalnya, anggaran tersebut tidak ada dalam Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Bogor.

“Proyek infrakstruktur peningkatan jalan plus pedestrian Raya Kandang Roda, Jalan Raya Tegar Beriman dan juga pedestrian di Jalan Lingkar Pakansari, pembangunan tugu selamat datang tidak ada dalam pembahasan RAPBD, kenapa kok sekarang muncul pagu anggarannya?” kata anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bogor, Andi Permana kepada wartawan, Minggu (28/2).

Kemunculan anggaran proyek Cibinong A City Beautiful tersebut pun membuat para wakil rakyat kecewa. Apalagi, saat ini keuangan di Pemkab Bogor dalam kondisi terbatas.

“Harusnya Pemkab Bogor tidak memaksakan melaksanakan kegiatan yang seharusnya tidak dilakukan pada 2021 ini. Karena seharusnya mereka memikirkan dan fokus terhadap penanganan wabah Covid-19, mempersiapkan Dinas Pendidikan untuk belajar tatap muka dan juga upaya pemulihan ekonomi yang memang lagi dibutuhkan langsung masyarakat,” jelasnya.

Politisi Partai Gerindra ini berharap, ke depan Pemkab Bogor mendahulukan kebutuhan masyarakat dibanding proyek-proyek insfrastruktur yang dianggap prestisius.

“Hari ini Pemkab Bogor jangan mengedepankan proyek insfrastruktur yang dianggap prestisius yang kami anggap belum tepat atau saatnya, karena kita masih dalam pandemi Covid-19,” harap Andi.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto meminta Pemkab Bogor tidak dulu melelang proyek Cibinong A City Beautiful sebelum melakukan langkah evaluasi.

“Karena anggaran tersebut kepalang disiapkan di APBD 2021, kami meminta ada langkah evaluasi sebelum proyek Cibinong A City Beautiful dilelang karena tahun kemarin masih ada tiang listrik di tengah proyek pembangunan Jalan Bomang dan masih banyaknya PKL yang dagang di pedestrian. Pemkab Bogor harus matang dalam perencanaan, kalau perlu ada kajian dari akademisi atau kampus yang ada di Kabupaten Bogor,” pinta Rudy. 

Untuk itu, dia mendukung rencana Pemkab Bogor yang akan membentuk Park Ranger. Para petugas itu dibentuk untuk membantu membereskan lokasi-lokasi proyek Cibinong A City Beautiful.

“Pastikan dulu ketersediaan atau kesiapan personel Park Ranger. Karena mereka ikut membantu lancarnya proyek Cibinong A City Beautiful,” pungkasnya. ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp