Donnarumma Benteng Kokoh Italia

Gianluigi Donnarumma didaulat jadi pemain terbaik.

LONDON –  Gianluigi Donnarumma tampil bagaikan tembok di bawah mistar gawang Italia. Ia kembali jadi pahlawan  timnya  saat adu penalti pada laga final Piala Eropa 2020 melawan Inggris, Senin (12/7) dinihari WIB.  

Donnarumma adalah faktor penting melajunya Italia ke final Euro 2020. Pada laga semifinal kontra Spanyol, Donnarumma menyelamatkan satu penalti dari Alvaro Morata.

Di laga final, memang gawang Donnarumma kebobolan duluan pada menit kedua oleh gol Luke Shaw, tapi setelah itu Italia tampil dominan. Donnarumma relatif tak bekerja keras sepanjang 90 menit

Donnarumma unjuk gigi lagi ketika dia menepis dua dari lima eksekutor Inggris, yakni Jadon Sancho dan Bukayo Saka.. Satu penalti Inggris yang gagal, Marcus Rashford, menerpa tiang.

 Ketika Donnarumma sukses menepis bola tendangan Saka, para pemain Italia langsung mengerubunginya.  Tapi ia tidak memperlihatkan ekspresi kegembiraan yang berlebihan. Hanya dari raut wajahnya, ia menahan tangis haru.

Tak salah jika Donnarumma akhirnya didapuk sebagai pemain terbaik turnamen ini. Pasalnya ia hanya  kebobolan empat gol, dua di antaranya bahkan dari bola mati. Sepanjang babak grup, gawangnya tetap perawan.

Dari lima adu penalti terakhir yang ditemuinya, Donnarumma memenangi semuanya di level klub dan timnas. Tiga bersama AC Milan saat mengalahkan Rio Ave di Play-off Liga Europa dan Torino di babak 16 besar Coppa Italia musim lalu, dan semifinal Coppa Italia 2017/2018 kontra Lazio. Sementara dua bersama Italia adalah di Euro kali ini menghadapi Spanyol dan Inggris.

“Saya beruntung bisa bermain bareng Gianluigi Buffon. Sekarang sama saja, saya bermain dengan Donnarumma,” ujar kapten Italia Giorgio Chiellini seperti dikutip situs resmi UEFA.***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp