Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

Dishub DKI Targetkan 19 Ribu Warga Ikut Mudik  Gratis

Ilustrasi- Mudik Gratis 2022

JAKARTA- Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar program mudik dan balik gratis angkutan lebaran 2023. Tahun ini, ditargetkan 19 ribu warga ikut program mudik gratis ini. 
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya hingga saat ini terus menggelar sosialisasi kegiatan mudik gratis kepada warga di lima wilayah. “Program mudik dan balik gratis angkutan lebaran digelar untuk memfasilitasi warga Jakarta yang pulang kampung saat hari raya Idul Fitri,” ujar Syafrin Liputo, Jumat (17/3).

Ia mengungkapkan, sebanyak 482 bus disiapkan untuk mengangkut sebanyak 19.280 warga pada program mudik dan balik gratis angkutan lebaran 2023. “Kami juga mengerahkan sebanyak 23 truk untuk mengangkut sebanyak 690 unit sepeda motor warga yang akan musik ke kampung halaman, pada hari raya Idul Fitri tahun ini,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, warga Jakarta yang ingin mudik gratis dapat melakukan pendaftaran secara online melalui akun media sosial Dinas Perhubungan DKI dan offline di enam lokasi service poin yakni kantor dinas dan lima suku dinas Perhubungan.

Pendaftaran dilakukan mulai 23 Maret mendatang melalui situs dishub.jakarta.go.id. Untuk persyaratan yang wajib dipenuhi bagi calon peserta program mudik dan balik gratis di antaranya melampirkan KTP dan Kartu Keluarga (KK), kartu vaksin covid-19 dan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

“Pendafar maksimal dapat menambahkan tiga anggota keluarga dalam KK dengan satu sepeda motor. Warga wajib membawa dokumen yang dipersyaratkan saat verifikasi di enam lokasi service poin,” jelasnya. Ia menambahkan, ratusan armada bus penumpang mudik dan balik lebaran akan mengantar warga Jakarta ke 19 kabupaten atau kota yang tersebar di lima Provinsi yakni Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Serta puluhan truk yang disiagakan akan mengangkut ratusan sepeda motor warga yang mudik dan balik lebaran 2023 ke sembilan kabupaten atau kota yang tersebar di empat provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. “Peserta program mudik gratis angkutan lebaran 2023 akan mendapatkan takjil selama perjalanan menuju kampung halaman,” tambahnya. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media