Disdukcapil Sosialisasikan Pelayanan Adminduk kepada Camat se-Kabupaten Bekasi

Kadis Dukcapil Kabupaten Bekasi Drs. H. Hudaya, MSI

CIKARANG PUSAT – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Drs. H. Hudaya, MSI mengeluarkan Surat Edaran tertanggal 19 Maret 2021 perihal Pemberitahuan Pelayanan Administrasi Kependudukan kepada para camat se-Kabupaten Bekasi.

Hal tersebut ia sampaikan ke media ini lewat pesan WhatsApp saat dihubungi, Senin (22/3).

Dalam Surat Edaran (SE) tersebut disampaikan hal-hal sebagai berikut : 

1.Seluruh Layanan Kependudukan (pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil ) secara bertahap akan dapat dilakukan di kecamatan.

2. Perpindahan Penduduk antar Desa/Kelurahan antar Kecamatan tidak perlu lagi diterbitkan surat keterangan pindah (SKPWNI), penduduk langsung membawa persyaratan KTP-el dan kartu keluarga (KK) di tempat tujuan pindah untuk diterbitkan KTP-el  dan kartu keluarga (KK) baru. (SKPWNI diterbitkan hanya bagi penduduk yang pindah keluar dari kabupaten Bekasi ). 

3. Seluruh Pengurusan Dokumen Kependudukan tidak lagi memerlukan surat pengantar RT/RW dari desa/kelurahan dan tidak dipungut biaya. 

4. Berkenaan dengan hal tersebut dimohon para camat untuk dapat men-sosialisasikan kepada kepala desa/ lurah dan seluruh masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Jumlah data konsolidasi bersih (DKB) SMT 2 tahun 2020, tulis Hudaya, ada sebanyak 2.880.280, jumlah wajib KTP -el sebanyak 2.043.538 dan jumlah perekaman 1.964.878 (96,15 %), berdasarkan data penduduk yang sudah melakukan perekaman. /ris

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp