International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Kemendikbud Kunker ke Sumut

Sjamsul Hadi dan rombongan berfoto bersama di depan Vihara Gunung Timur.

MEDAN–Memenuhi undangan dari Yayasan Istana Harta Lima Penjuru, Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Kemendikbud Sjamsul Hadi, Sabtu (9/4) lalu mengadakan kunjungan kerja ke Sumatera Utara selama tiga hari.

Selain mengadakan pertemuan persahabatan 1 hari dengan lembaga keagamaan, pendidikan, budaya, kepercayaan serta dan adat istiadat terkait.

Sjamsul Hadi dan rombongan berfoto bersama di Taman Kebun Bunga Tjong Yong Hian.

        Di hari kedua, Sjamsul Hadi dan rombongan FISIP ERC dari Universitas Sumatera Utara mengunjungi sejumlah tempat seperti Taman Kebun Bunga Tjong Yong Hian dan bekas kediaman Tjong A Fie serta tempat lainnya.

Kemudian diteruskan dengan mengunjungi Vihara Gunung Timur pada siang hari, mengadakan ramah tamah serta dan menerima sambutan hangat dari Pembina Efendy Wijaya.

Dalam pertemuan interaksi tersebut, Sjamsul Hadi, mensosialisasikan UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. 

Undang-undang ini terdiri dari 4 poin yang meliputi pelindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan budaya.

Sjamsul Hadi dan rombongan berfoto bersama di bekas kediaman Tjong A Fie.

Lalu malam harinya, memenuhi undangan Bupati Darma Wijaya, Direktur Sjamsul Hadi dan rombongan yang dipimpin pengurus Yayasan Istana Harta Lima Penjuru bertemu dengan para tokoh masyarakat Tionghoa, tokoh agama, dan tokoh lintas agama, di Serdang Bedagai.

Bupati Serdang Bedagai dalam sambutannya menyatakan kerukunan antar etnis telah terjalin dengan baik di Kabupaten Serdang Bedagai selama ini, hal ini dibuktikan dengan pada bulan yang sama diselenggarakan tiga kegiatan perayaaan.

Yaitu datangnya Bulan Suci Ramadan, Perayaan Cheng Beng dan perayaan Paskah.

Semua orang saling menghormati untuk menunjukkan keseriusan pemerataan kemajuan budaya.

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai akan menyelenggarakan pesta perayaan tahunan pada tahun 2023 di suatu tempat di kabupaten tersebut. Pertemuan silaturahmi berlangsung penuh keakraban. Diakhiri dengan atraksi music guzheng yang ditampilkan Jesselyn Candra yang diundang oleh Yayasan Harta Lima Penjuru serta pembagian cenderamata. idn/din

Sukris Priatmo

Komentar

Baca juga