Dinkes Tangsel Buka Layanan Vaksinasi Lansia di Puskesmas

Ilustrasi-Lansia suntuik Vaksin.

TANGSEL- Puskesmas di wilayah Tangerang Selatan sudah mulai membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia). Warga berusia 60 tahun ke atas yang ingin menjalani vaksinasi bisa mencari informasi atau berkoordinasi dengan pengurus RT di lingkungannya.

“Puskesmas sudah mulai pelayanan untuk vaksinasi Lansia. Sudah mulai. Jadi pendataannya oleh pengurus RT,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan, Allin Hendalin Mahdaniar saat dikonfirmasi Rabu (18/3).

Kendati demikian, Allin belum merinci lokasi Puskesmas yang membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 untuk lansia. Dia hanya mengatakan bahwa setelah dilakukan pendataan, pengurus RT akan mengarahkan para warga lansia ke Puskesmas.

“Nanti RT-RT nya yang memobilisasi ke Puskesmas,” kata Allin.

Saat ini, kata Allin, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan memiliki ketersediaan sekitar 3.910 vial vaksin CoronaVac yang akan dipakai untuk menyuntik lansia dan guru.

“Kami baru dapat kucuran dari provinsi 3.910 vial, itu kalau untuk per dua bisa untuk 18.000-an (peserta). Nah itu yang bisa dimanfaatkan lansia dan guru,” ungkapnya. Pemerintah Provinsi Banten sebelumnya sudah menggelar vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum yang sudah lanjut usia di wilayah Kota Tangerang Selatan. Namun vaksinasi lansia tahap pertama itu hanya berlangsung di gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang pada 13 – 14 Maret 2021. Kuota peserta vaksinasi yang disediakan juga terbatas yakni sebanyak 3.000 orang. ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp