Monday, 26 February 2024

Search

Monday, 26 February 2024

Search

Dinkes Kota Tangerang Siapkan 13.000 Dosis Vaksin Penguat Kedua

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni .

TANGERANG- Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten menyiapkan 13.000 dosis vaksin COVID-19 untuk pelaksanaan vaksinasi penguat kedua atau suntikan keempat dengan sasaran warga usia 18 tahun ke atas mulai Selasa (24/1).
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni di Tangerang, Selasa, mengatakan untuk dosis vaksin COVID-19 penguat kedua ini telah disiapkan sejak pekan lalu.
“Adapun, dosis vaksin yang telah disiapkan untuk ‘booster’ (penguat) kedua ini baru hanya satu merek produk vaksin COVID-19 saja,” katanya.
Dia menjelaskan pemberian vaksin COVID-19 penguat kedua ini merupakan implementasi dari arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).
Sebelumnya, vaksinasi penguat dosis kedua hanya diberikan terbatas untuk tenaga kesehatan (nakes) atau warga lanjut usia. Masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin tersebut, cukup datang dan mengunjungi fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi COVID-19.
“Ini bisa untuk masyarakat umum, syaratnya umur lebih dari 18 tahun, terus jarak antara ‘booster’ pertama dan kedua enam bulan,” katanya.
Syarat penerima vaksin COVID-19 penguat kedua yakni sudah mendapatkan vaksin lengkap ditambah vaksin penguat dosis pertama, memiliki jarak enam bulan dari suntikan penguat pertama, warga berusia minimal 18 tahun, lansia dan mempunyai tiket untuk mendapatkan vaksin penguat di aplikasi Peduli Lindungi.
Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan penjelasan bahwa vaksinasi dosis penguat kedua bagi masyarakat umum dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan dan/atau di pos pelayanan vaksinasi.
Di Kota Tangerang, katanya, masyarakat bisa mendapatkan vaksin dosis tersebut di fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi, seperti di Puskesmas Cipondoh, Puskesmas Sukasari, Puskesmas Poris Plawad, Puskesmas Neglasari, Puskesmas Panunggangan Barat. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media