Monday, 04 March 2024

Search

Monday, 04 March 2024

Search

Dinas SDA Perbaiki Ratusan Sumur Resapan Di Jakpus Yang Rusak Terlindas Truk

Sejumlah petugas Suku Dinas SDA Jakarta Pusat melakukan perbaikan sumur resapan yang rusak akibat kerat terlindak truk.

JAKARTA- Ratusan sumur resapan di Jakarta Pusat mengalami kerusakan akibat kerap dilintasi kendaraan truk bermuatan berat. Alhasil, sebanyak 43 sumur resapan langsung diperbaiki secara bertahap oleh Sudin Sumber Daya Air ( SDA ) Jakarta Pusat.

Kasudin SDA Jakarta Pusat, Mustajab mengatakan, beberapa titik perbaikan tersebut terjadi di Jalan Batu Tulis, Kecamatan Gambir, dan Kecamatan Menteng. Hal ini, agar kawasan tersebut lebih cepat memangkas debit hujan.

“Kerusakan (sumur resapan) itu, karena terlalu dalam level sama jalan. Ada yang terlalu nongol dan pecah serta retak karena terkena beban mobil,” ujar Mustajab dalam keterangannya, Rabu (8/2). Mustajab menambahkan, perbaikan tersebut meliputi penambahan rangka besi sebagai tulang penutup atau pelindung beton sumur resapan.

“Kita sudah rekomendasikan pembesian ini untuk tutup, itu untuk menopang beban mobil sampai 20 ton. (perbaikan) Tutupnya ditambah besi karena di jalan itu mobil jenisnya tidak tahu kita, kadang truk (yang melintas),” paparnya.

Perbaikan sumur resapan ini, kata Mustajab, akan terus dilakukan hingga 30 persen dari total 1.524 sumur resapan di Jakarta Pusat yang dibangun Dinas SDA DKI Jakarta. 400 sumur yang rusak diperbaiki.

“Target ada 400 titik sumur resapan yang rusak untuk dilakukan perbaikan. Saat ini, perbaikan baru dimulai di 2023. Karena tahun lalu masih masa pemeliharaan oleh pihak ketiga dan setelah sudah habis, pemeliharaan diserahkan ke kita. Sementara pembangunan sumur resapan dilaksanakan oleh Dinas SDA, operasionalnya kita. Jadi kalau ada rusak itu kita perbaiki,” paparnya. Menurutnya, anggaran perbaikan per satu unit sumur resapan mencapai Rp3 sampai Rp5 juta. Anggaran menggunakan biaya pemeliharaan dan tenaga menggunakan PJLP Sudin SDA Jakpus. “Materialnya kita lakukan pelelangan,” pungkasnya. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media