International Media

Senin, 23 Mei 2022

Senin, 23 Mei 2022

Di Hari Jadi MATAKIN ke-99, Ketum Xs Budi S Tanuwibowo Ingatkan Pentingnya Regenerasi Kepemimpinan

KI-KA: Ws. Liu Se Fong, Ws. Chandra Setiawan, Zl. Henry Kurniawan, Xs. Budi S. Tanuwobowo, Hermanto Phoeng, Ws. Budi Suniarto dan Ir. Werry Chin

PANGKAL PINANG–Rayakan Hari Jadi MATAKIN (Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia) ke-99, Ketua Umum MATAKIN mengingatkan pentingnya Regenarasi Kepemimpinan dan berharap Pendirian Sekolah Tinggi  Negeri Agama Khonghucu di Kepulauan Bangka Belitung segera terwujud.

          Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung  merupakan lokasi acara puncak perayaan Hari Jadi MATAKIN pada 12/04/2022 acara yang digelar selama kurang lebih tiga jam tersebut dihadiri Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, anggota DPR RI dan DPD RI,  jajaran pengurus MATAKIN Pusat, Pengurus MATAKIN Provinsi dan MAKIN-MAKIN serta umat Khonghucu di Kepulauan Bangka Belitung dan tamu undangan lainnya.

          Ketua umum MATAKIN, Xs. Budi S. Tanuwibowo dalam sambutannya mengingatkan pentingnya regenerasi kepemimpinan demi ekstitensi dan kemajuan MATAKIN.

Lebih lanjut Budi berpesan agar umat Khonghucu dalam menghadapi segala tantangan dan perubahan zaman tetap berpegang pada nilai-nilai luhur budi pekerti, karakter unggul, bakti kepada luluhur dan cinta kepada tanah air.

Gubernur Kepulauan Belitung Erzaldi Rosman (kiri) memotong tumpeng didampingi Ketum MATAKIN Pusat, Xs. Budi S. Tanuwibowo (kanan).

          “Tugas pemimpin yang paling utama bukan saja memutuskan, bukan saja memberikan suatu titik puncak kesejahteraan, tetapi juga menyiapkan penggantinya yang lebih hebat dalam menghadapi dunia yang telah berubah dengan cepat, di era turbulence dan disruptif,” jelas Budi, dalam siaran pers tertulis.

          Terakhir Budi berharap agar pendirian Sekolah Tinggi Agama Khonghucu di Kep. Bangka Belitung bisa segera terwujud. Tak lupa beliau juga berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan peringatan hari jadi MATAKIN ke-99.

          “Semoga usaha kita untuk pendirian Sekolah Tinggi Khonghucu di Bangka Belitung ini dapat segera terwujud. Saya yakin dengan usaha, doa dan dukungan kita semua, kesulitan dan tantangan dalam usaha pembangunan ini dapat teratasi,” ujarnya.

          Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman yang turut hadir dalam acara tersebut menyebut pendirian Sekolah Tinggi Khonghucu Indonesia di Kepulauan Bangka Belitung harus terjadi mengingat banyak kebutuhan guru agama Khonghucu di daerahnya belum terpenuhi.

          “Bagaimana kita mau menciptakan atau meluluskan guru agama Khonghucu sedangkan sekolah tingginya pun tak tersedia, jadi apa yang disampaikan oleh pak Presiden menugaskan MATAKIN dan Pemerintah Prov. Bangka Belitung untuk mendirikan Sekolah Tinggi Agama Khonghucu ini, ini bukan lagi sebuah dorongan tetapi adalah ataupun sebuah kebutuhan yang harus kita dorong dan terjadi di Bangka Belitung ini” Ucap Erzaldi

          Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum MATAKIN memberikan penghargaan bagi Zl. Henry Kurniawan (Ketua MATAKIN Provinsi Kep. Bangka Belitung), Js. Bun Muk Hon, Ir. Werry Chin atas kontribusinya dalam perkembangan agama Khonghucu di Kepulauan Bangka Belitung.

          Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua Harian MATAKIN Ws. Budi Suniarto, Anggota Dewan Rohaniwan MATAKIN Ws. Chandra Setiawan, Plt. Kepala Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghucu Farid Wadji, Wali Kota Pangkal Pinang, Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Kep. Bangka Belitung dan Kepala BNN Bangka Belitung. ***

Sukris Priatmo

Komentar

Baca juga