Dewas Terima 247 Laporan Terkait Tugas dan Wewenang KPK

          JAKARTA (IM) – Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima 247 laporan terkait pelaksanaan tugas dan wewenang KPK selama 2020.

          “Tahun 2020, Dewan Pengawas telah menerima 247 surat pengaduan atas pelaksanaan tugas dan wewenang KPK,” kata anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar dalam konferensi pers yang disiarkan akun Youtube KPK RI, Kamis (7/1).

          Artidjo menuturkan, Dewan Pengawas KPK kemudian menelaah dan mengklarifi kasi surat-surat aduan yang diterima.

          Artidjo mengungkapkan, dari 247 laporan yang diterima, 87 di antaranya telah diselesaikan.

          “Jadi selalu kita lakukan, tidak ada yang di tengah jalan dibiarkan begitu aja, tidak ada, mesti kita jawab, dijamin kita jawab, itu 87,” ujar Artidjo.

          Mantan hakim agung itu melanjutkan, sebanyak 60 laporan diteruskan ke unit terkait di KPK sementara 100 surat lainnya diarsipkan.

          Sebanyak 100 laporan tersebut diarsipkan karena beberapa alasan, antara lain alamat pengirim yang tidak jelas serta isinya mengulang isi laporan lainnya.

          “Terpidana di Sukamiskin itu selalu mengirim surat yang begitu-begitu, terus saja mengirim surat,” katanya.

          Setiap pengaduan yang diterima Dewan Pengawas KPK juga menjadi bahan pengawasan bagi Dewan Pengawas dalam rapat koordinasi pengawasan dengan pimpinan KPK. Selain pengaduan masyarakat, Dewan Pengawas KPK juga akan menindaklanjuti sumbersumber lainnya, termasuk pemberitaan media. Q han

Mika Urip

Mika Urip

Tulis Komentar

WhatsApp