De Gea Perlihatkan Aksi Gemilang

David de Gea disanjung rekannya usai menepis penalti Mark Noble.

LONDON –  David de Gea tampil gemilang dan layak  jadi pahlawan kemenangan Manchester United (MU) usai menepis penalti gelandang West Ham United,  Mark Noble. Setelah tujuh tahun, De Gea akhirnya menggagalkan eksekusi 12 pas di Liga Inggris.

De Gea jadi starter saat MU  berlaga di London Olympic Stadium, Minggu (19/9) malam WIB. Meski MU bermain dominan sejak menit awal, gawang De Gea bobol duluan pada menit ke-30.

Tembakan Said Benrahma yang membentur Raphael Varane mengecoh De Gea sehingga membuat MU tertinggal 0-1. Tapi, Cristiano Ronaldo mampu menyamakan skor untuk MU lima menit berselang.

MU berbalik unggul 2-1 di menit ke-89 lewat gol Jesse Lingard. Pendukung MU dibuat deg-degan saat West Ham mendapat penalti di pengujung laga. Handball Luke Shaw dikonfirmasi oleh VAR dan De Gea harus menghadapi Noble.

Sayang, Noble belum “panas” sehingga arah sepakannya bisa ditepis De Gea yang bergerak ke arah kiri dan MU membawa pulang kemenangan 2-1. Bagi MU, tiga poin ini cukup mempertahankan mereka di posisi kedua dengan 13 poin, kalah selisih gol dari Liverpool di puncak klasemen.

De Gea pun disambut bak pahlawan oleh rekan satu timnya, mengingat karena dialah MU mampu meraih kemenangan.  Dikutip Opta, ini adalah penyelamatan penalti pertama De Gea di Premier League sejak Oktober 2014 atau nyaris tujuh tahun lalu. Penalti terakhir yang ditepis De Gea adalah bek Everton Leighton Baines yang kini sudah pensiun dan saat itu MU menang 2-1 di Goodison Park.

“Saya membuat penyelamatan di menit-menit akhir. Tiga poin luar biasa bagi kami. Saya yakin bisa menepis penalti itu. Laga yang sulit, kedua tim punya banyak peluang bagus. Lagi-lagi Jesse mencetak gol luar biasa. Tiga poin yang luar biasa. Kami sudah bilang di ruang ganti bahwa poin penuh adalah yang terpenting,” ujar De Gea dikutip BBC Sport.***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp