Friday, 19 April 2024

Search

Friday, 19 April 2024

Search

Cuaca Ekstrem, Wisatawan Diimbau Waspada Saat Berada di Kawasan Puncak

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Efendi meminta wisatawan waspada.

MEGAMENDUNG- Di tengah ancaman atau potensi cuaca ekstrem, wisatawan yang berlibur dan menikmati objek wisata di Kawasan Puncak, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Efendi meminta untuk waspada.

“Saat ini memasuki cuaca ekstrem, bahkan Puncak. wisatawan dan masyarakat harus waspada dan bisa mengantisipasinya” kata Budi Karya Sumadi kepada wartawan, di Pod Polisi Gadog, Megamendung, Jumat (30/12).

Kedua pembantu Presiden Joko Widodo itu juga meminta para wisatawan menyiapkan kendaraannya secara baik, hal itu demi keamanan dan keselamatan saat berwisata di Kawasan Puncak.

“Siapkan kendaraan dengan baik, terutama bis wisata. Jangan sampai kendaraan yang tidak layak menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas dan ingat, keselamatan lebih penting ketimbang menikmati sesaat kegembiraan malam tahun baru. Saya minta, ada operasi kelayakan kendaraan  dan kendaraan bis yang tidak layak itu harus diputar balik,” pinta Muhadjir Efendi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Agus Ridho menuturkan bersama Dirjen Perhubungan, jajarannya sudah melakukan operasi kelayakan kendaraan di Rest Area Tol Jagorawi sebelum Pintu Tol Gadog.

“Kami sudah melakukan operasi kelayakan kendaraan di Rest Area Tol Jagorawi sebelum Pintu Tol Gadog, namun secara tentatif, personel Dinas Perhubungan akan melakukan lagi,” tutur Agus Ridho. pra

 Puncak-Arus kendaraan wisatawan  menuju Kawasan Puncak yang akan merayakan malam tahun baru 2023  naik hingga 25 persen dibandingkan tahun 2021 lalu.

Puncak Arus Sabtu

Hari Kamis kemarin, data dari Polres Bogor. Sebanyak 73.014 kendaraan ada di Kawasan Puncak, baik yang menuju Kawasan Puncak maupun menuju Tol Jagorawi atau arah Jakarta.

Jumlah kendaraan di Kawasan Puncak, diprediksi akan bertambah hingga Sabtu, di mana malam pergantian tahun dari 2022 menuju 2023.

“Jumlah kendaraan di Kawasan Puncak meningkat jumlahnya jika dibandingkan tahun lalu, jumlah itu diprediksi akan bertambah Sabtu,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada wartawan di Pos Polisi Gadog, Megamendung, Jumat.

Budi Karya Sumadi menuturkan kenaikan jumlah kendaraan di Kawasan Puncak masih terbilang normal dan bisa dikendalikan oleh Polres Bogor, Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor dan lainnya.

“Saya apresiasi, karena Tahun 2022 personil gabungan lebih siap dibandingkan di Tahun 2021 lalu dalam upaya melayani masyarakat maupun wisatawan,” tutur Budi Karya Sumadi.

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanudin mengucapkan, personel gabungan Polres Bogor, Kodim 0621 dan Pemkab Bogor tak hanya memperhatikan keselamatan, jajarannya juga memperhatikan kesejatan wisatawan.
“Tak hanya memeriksa kelayakan jalan kendaraan, kami juga memeriksa kesehatan supir bis wisata yang akan melalui jalur Kawasan Puncak. Di Pos Polisi Gadog, kami juga menyiapkan kursi pijat bagi wisatawan yang ingin istirahat sebentar,” ucap AKBP Iman Imanudin.

Ia menambahkan, personel gabungan juga menyiapkan mobil derek berikut montirnya, apabila ada kendaraan yang mogok atau rusak. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media