International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Costa Rajanya Tepis Penalti

Diogo Costa saat menepis penalti pemain Club Brugge.

BRUGES – Diogo Costa tampil menawan di Liga Champions musim ini. Kiper Porto itu sudah menepis tiga penalti lawan dan membawa timnya lolos ke 16 besar.  

Terbaru, Porto menang telak 4-0 saat bertandang ke markas Club Brugge pada matchday kelima Grup B Liga Champions 2022/2023, Rabu (26/10) malam WIB. The Dragon pun mengunci tiket ke fase gugur.

Mehdi Taremi membawa Porto unggul di babak pertama, sebelum mencetak gol kedua pada menit ke-70. Dua gol tim tamu lainnya dicetak  Evanilson (57′) dan Stephen Eustaquio (60′).

Club Brugge mendapat kans mencetak gol dari titik putih empat menit babak kedua berjalan. Brandon Mechele dijatuhkan bek Porto, David Carmo, di kotak penalti.

Eksekusi penalti Hans Vaneken bisa ditepis Diogo Costa. Namun, tendangan 12 pas harus diulang karena wasit menilai Costa sudah keluar garis sebelum bola disepak.

Club Brugge mengganti eksekutor penalti dari Vaneken ke Noa Lang. Pergantian tersebut rupanya tak mampu pula merobek jala Porto. Costa kembali sukses menggagalkan penalti Brugge. Pemain asal Portugal itu menepis bola tembakan Lang yang mengarah ke kanan gawang.

Aksi Costa di laga itu membawanya masuk buku rekor. Dia menjadi kiper pertama yang mampu menepis tendangan 12 dalam tiga pertandingan fase grup Liga Champions di satu musim.

Costa pertama kali melakukannya saat membendung eksekusi penalti Patrik Shichk pada matchday ketiga Grup B melawan Bayer Leverkusen. Porto mengakhiri duel dengan kemenangan 2-0.

“Saya hanya menjalankan tugas dengan sebaik mungkin. Semua kiper bisa melakukannya. Itu hal yang lumrah.  Terpenting bagi saya adalah lolos ke babak selanjutnya walau masih menyimpan satu laga sisa di grup. Misi kami adalah melaju hingga babak puncak,” kata Costa di situs klub.***

Vitus DP

Komentar