Saturday, 13 July 2024

Search

Saturday, 13 July 2024

Search

Cosmobeauté Indonesia 2023 Hadirkan Pameran Kecantikan Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Prosesi pembukaan pameran Cosmobeauté Indonesia 2023.

JAKARTA–Pameran terbesar industri kecantikan di Indonesia, Cosmobeauté Indonesia, kembali digelar pada Kamis (12/10 – Sabtu (14/10) di Hall A&B, Jakarta Convention Center.

Pameran yang dihelat untuk ke-16 kalinya ini konsisten menghadirkan inovasi kecantikan terbaru dan mempertemukan para pelaku bisnis kecantikan dari Indonesia dan mancanegara.

KI-KA: Ben Wong (Country General Manager), Ir. Hj. Muti Arintawati (Direktur LPPOM MUI), Manuel Alejandro Sanz (International Trade Advisor Embassy of Spain) dan Juanita Soerakoesoemah (Direktur PT. Pamerindo Indonesia) meninjau peserta pameran.

Dengan mengusung tema “Zero Waste Beauty”, Cosmobeauté Indonesia 2023 mengajak industri kecantikan secara aktif menghadirkan solusi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

         “Cosmobeauté Indonesia ingin berperan penting dalam membantu industri kecantikan untuk meningkatkan dan menerapkan program sustainability. Sebagai implementasi, Pamerindo Indonesia menghubungkan seluruh pelaku industri dengan penyedia layanan pengelolaan limbah pameran. Tahun ini, Cosmobeauté Indonesia menjalin kerjasama dengan Ecoloop (PT Alton Waste Management) sebagai penyedia layanan pengelolaan limbah pameran dengan harapan menjadi langkah awal yang memiliki dampak besar bagi lingkungan,” terang Juanita Soerakoesoemah, Director PT Pamerindo Indonesia di acara pembukaan pameran, Kamis (12/10).

         Menurutnya, pengelolaan limbah pameran penting, mengingat Cosmobeauté Indonesia 2023 terus menerima lebih banyak peserta.

Tahun ini lebih dari 250 perusahaan yang menampilkan 1.000 brand terbaik dari Tiongkok, Amerika Serikat, India, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Malaysia, Perancis, Singapura, Taiwan, dan Uni Emirat Arab hadir dengan produk inovatif dan ramah lingkungan, serta kemajuan teknologi yang akan menjadi barometer tren industri kecantikan di Indonesia.

         “Pada pameran tahun ini, beberapa peserta pameran menampilkan produk-produk yang ramah lingkungan, seperti kemasan yang bisa di daur ulang, pengunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan yang salah satunya menggunakan bahan dari tumbuh-tumbuhan atau saat ini dikenal dengan istilah vegan beauty cosmetic,” ujar Juanita.

Kosmetik Vegan

Cosmobeauté Indonesia bekerjasama dengan laboratorium LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia) menyelenggarakan seminar bertema “A Vegan Beauty Cosmetics as a Trend of Sustainability Cosmetic Solution”. Kosmetik vegan adalah tren terbaru dalam industri kecantikan.

Laboratorium LPPOM MUI menjadi laboratorium pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mampu menyediakan tes DNA untuk menguji kandungan hewani dalam klaim bebas hewani atau klaim vegan dalam produk kosmetik.

Laboratorium LPPOM MUI akan menghadirkan alat pengujian bebas hewan untuk produk kosmetik di Cosmobeauté Indonesia, alat ini merupakan bagian penting dalam mendukung sertifikasi vegan. ***

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media