Cluster New Shinano Jakarta Garden City Tampil dengan Teknologi Precast

New Shinano Precast.

JAKARTAPengembang properti dituntut harus cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi agar bisa menangkap setiap peluang yang ada. Tak terkecuali pada teknologi untuk membangun sebuah rumah.

Seperti PT Mitra Sindo Sukses (anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk), menggunakan teknologi precast dalam pembangunan cluster New Shinano Precast di Jakarta Garden City untuk menangkap peluang dari insentif yang diberikan pemerintah di sektor properti.

        Beton precast atau pracetak adalah beton yang dibuat atau dicetak dengan ukuran yang sudah ditentukan atau disesuaikan dengan aplikasi kerja.

Penggunaan teknologi pracetak atau precast dalam pengembangan properti di Indonesia belum menjadi pilihan utama. Sementara, di negara lain seperti Inggris dan Singapura, lebih dari 50 persen bangunannya sudah menggunakan teknologi tersebut.

        “Modernland Realty ingin menjadi pioneer dalam segi pengembangan properti dengan teknologi precast di Indonesia. Apalagi, teknologi precast memiliki banyak keunggulan. Untuk itu ke depan, kami akan semakin memperbanyak penggunaan teknologi precast di proyek properti yang dikembangkan Modernland Realty,” kata Director Marketing Urban Development PT Modernland Realty Tbk Helen Hamzah, dalam siaran pers, Senin (29/3).

        Kembali Helen Hamzah mengatakan, di cluster New Shinano Precast menggunakan material Facade Precast MPanel lansiran PT Modern Panel Indonesia, anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk. yang memiliki keunggulan antara lain tahan gempa, pengerjaan dinding bangunan lebih cepat, material beton bermutu tinggi, tidak terjadi retak rambut, permukaan rata dan halus, lebih kokoh, low maintenance, thermal insulation, tahan terhadap kebocoran dan lebih kedap suara.

        Facade Precast merupakan dinding luar yang diproduksi dengan material full beton secara pabrikasi dengan sistem pracetak. Facade Precast banyak digunakan untuk bangunan-bangunan dengan kualitas terbaik dan menghemat waktu pengerjaan seperti bangunan superblok, bangunan highrise, bangunan komersial, bangunan industri maupun perumahan.

        “Secara fisik, Facade Precast Modern Panel Indonesia memiliki beberapa kelebihan, antara lain diproduksi secara cepat dengan mesin Precast dengan teknologi terbaru, mutu beton yang berkualitas dengan menggunakan material terbaik, lebih presisi dan telah lolos uji QC, dinding siap untuk langsung dilakukan pengecatan serta lebih cepat dalam pemasangannya sehingga menghemat waktu dan biaya pengerjaan konstruksi,” terang General Manager Operational PT Modern Panel Indonesia Hendy Wijaya Budijanto,

        PT Modern Panel Indonesia telah berhasil lulus dalam pengujian Modern Precast di Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman (Puskim).

Pengujian dilaksanakan untuk mengetahui kinerja ketahanan gempa teknologi pracetak yang dikembangkan Modern Panel Indonesia terhadap persyaratan minimal Standar Nasional Indonesia (SNI), sehingga dapat memenuhi regulasi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), dan regulasi kredit kepemilikan bagi konsumen.

Selain itu, Modern Panel Indonesia juga telah meraih sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001:2015.

        Lantaran proses pembangunan lebih cepat dan bisa di serah terimakan dalam 6 bulan, pembeli memungkinkan untuk memanfaatkan insentif yang diluncurkan pemerintah.

Dalam hal ini pemerintah menanggung Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang biasanya dibebankan kepada konsumen untuk properti berjenis rumah tapak dan rumah susun dengan batasan harga jual maksimal Rp5 miliar.

        Pemerintah akan menanggung seluruh atau 100% PPN untuk rumah tapak dan rumah susun dengan harga jual paling tinggi Rp2 miliar dan menanggung setengah atau 50% PPN untuk harga jual rumah lebih dari Rp2 miliar sampai dengan Rp5 miliar.

Ketentuan ini berjalan enam bulan, selama periode 1 Maret hingga 30 Agustus 2021.

Adapun, persyaratan diberikannya insentif tersebut harus merupakan rumah baru yang diserahkan dalam kondisi siap serah terima pada periode pemberian insentif. 

        “Rumah di cluster New Shinano Precast diperkirakan akan siap diserahterimakan kepada para pembeli pada Agustus 2021 sehingga konsumen bisa mendapatkan insentif pembebasan PPN 10%,” ujar Helen Hamzah.

        Rumah tipe baru di cluster New Shinano Precast yang dipasarkan sejak dua bulan lalu tersebut telah terjual sebanyak 85 unit dari total yang akan dikembangkan sebanyak 120 unit. Sehingga, saat ini hanya menyisakan sebanyak 35 unit saja.

        Cluster New Shinano Precast mengusung konsep modern dan simple.  Warna natural yang dihadirkan pada fasad bangunan membuat hunian terlihat kental dengan nuansa Jepang kontemporer.

Berukuran mulai luas bangunan (LB) 67 m2 dan luas tanah (LT) 75 m2, rumah tipe baru cluster New Shinano dipasarkan dengan harga mulai Rp1,3 miliar-an. ***

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp