International Media

Minggu, 2 Oktober 2022

Minggu, 2 Oktober 2022

City Kontra Madrid Dipastikan Seru

Gabriel Jesus (kanan) dan dua rekannya bakal mewaspadai keuatan Real Madrid.

MANCHESTER – Manchester City bakal melakoni laga seru dan ketat melawan Real Madrid pada semifinal Liga Champions 2021/2022.  Laga leg pertama berlangsung di Anfield, Rabu (27/4) dinihari WIB.

Pertandingan ini merupakan ulangan babak 16 besar Liga Champions 2019/2020. Saat itu, City menang kandang-tandang saat melawan Madrid. Pada pertemuan di Etihad Stadium pada Juli 2020, Man City menang 2-1. Gol dari Raheem Sterling dan Gabriel Jesus menjadi penentu kemenangan City, Karim Benzema sekali membalas untuk Madrid.

City mengejar impian menjuarai Liga Champions untuk kali pertama. Sudah lebih satu dasawarsa The Citizens gagal untuk mewujudkan itu.

Raihan terbaik Man City saat mencapai final pada musim lalu. Raheem Sterling dan kawan-kawan sampai di babak final, namun gagal mengangkat piala usai dikalahkan oleh Chelsea.

Pep Guardiola akan berhadapan dengan lawan yang sudah sering dihadapi dalam kariernya sebagai manajer yakini Real Madrid. Kali ini, Los Blancos ditangani oleh Carlo Ancelotti.

Guardiola sudah berhadapan dengan  Ancelotti sebanyak enam kali. Dia mampu membukukan empat kemenangan dan tumbang dua kali.

Semua kemenangan atas Ancelotti dicatatkan oleh Guardiola saat menangani City. Ancelotti menjadi bulan-bulanan Man City saat menjadi juru taktik Everton. Kemenangan terbesar Guardiola atas Ancelotti terjadi pada musim 2020/2021. Man City dibawa Guardiola memetik kemenangan dengan skor akhir 5-0 atas Everton.

Secara keseluruhan, tim asuhan Guardiola sudah menjebol gawang tim asuhan Ancelotti sebanyak 12 kali alias rata-rata dua gol. Sebaliknya, Ancelotti membobol gawang tim asuhan Guardiola sebanyak tujuh kali.

Jelang laga ini, City memiliki modal yang cukup bagus.  Mereka memetik kemenangan 5-1 atas Watford. Gabriel Jesus menjadi pahlawan dengan catatan empat gol yang dibikin, satu gol lainnya dikemas oleh Rodri.

“Kami akan melawan Real Madrid. Itu pasti laga yang berat. Tidak ada cara lain, selain harus memenangkan laga di kandang.  Kami memanfaatkan dukungan penonton,” kata Guardiola di BBC.

Manchester City kemungkinan tidak diperkuat oleh sejumlah pemain andalannya seperti Kevin De Bruyne, Nathan Ake, John Stones, hingga Kyle Walker karena dalam pemulihan cedera.

Walau demikian Guardiola tidak mempersoalkan hal itu. Ia  menegaskan beberapa pemain yang tersisa siap menggantikan peran pemain yang absen. Bahkan dalam situasi darurat, ia menyebut Gabriel Jesus, yang kembali tajam, bisa menjadi full back.

“Jika Gabriel Jesus harus bermain sebagai bek kanan, dia akan melakukannya. Pada saat para pemain merasa kami dalam masalah di beberapa posisi, mereka akan bekerja ekstra. Saya tidak memiliki keraguan tentang itu. Saya percaya dengan hasrat pemain untuk menang, dan mereka akan memberikan segalanya untuk menang,” kata Guardiola.

Gelandang bertahan Manchester City, Rodri, mengaku sedikit khawatir menghadapi striker Real Madrid, Karim Benzema. “Kami wajib memberi perhatian khusus kepada Karim Benzema jika ingin lolos ke final Liga Champions.  Benzema saat ini berada di momen terbaiknya. Dia memahami setiap bagian dari permainan dan terus mencetak gol-gol penting,” kata Rodri dikutip dari Manchester Evening News.

Di pihak Madrid, Carlo Ancelotti mengaku timnya sudah memahami betapa sulitnya menghadapi City di Anfield. Tapi ia yakin, timnya bakal mengantisipasi hal itu. “Melawan City di kandangnya perlu kekuatan ekstra. Mereka tampil luar biasa. Maka, kami harus menyiapkan segalanya untuk tampil dengan gaya kami sendiri. Laga nanti bakal ketat,” kata Ancelotti di situs klub.

 Bek Madrid David Alaba, mengaku pernah memiliki kenangan indah bersama  Guardiola.  Namun, Alaba berjanji akan memberi mimpi buruk kepada mantan pelatihnya itu pada laga nanti. Alaba dan Guardiola memang pernah bekerja sama saat masih sama-sama membela Bayern Muenchen.

 “Kami belum melakukan kontak akhir-akhir ini, tetapi akan menyenangkan melihat Pep lagi. Kami memiliki waktu yang indah saat bersama di Bayern. Tetapi kali ini semua tentang bagaimana membuatnya frustrasi,” ujar Alaba di situs klub.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga