International Media

Selasa, 4 Oktober 2022

Selasa, 4 Oktober 2022

City Kontra Liverpool di Etihad Stadium

Ilkay Guendogan (kanan) saat Manchester City melawan Liverpool musim lalu. Kini kedua tim bertemu lagi.

MANCHESTER – Manchester City akan melawan Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad Stadium, Minggu (10/4) malam WIB. Kedua tim sedang bersaing ketat dalam perburuan gelar juara musim ini.

Manchester City masih memuncaki klasemen Liga Inggris dengan catatan 71 poin. Liverpool membuntuti dengan jarak satu poin. Maka, bisa dipastikan duel nanti berjalan ketat, seru dan menarik.

Laga nanti bakal menjadi ajang adu taktik antara kedua manajer, Pep Guardiola dengan Juergen Klopp.  Rekor pertemuan Guardiola dengan Klopp masih imbang.

Dalam sepanjang kariernya sebagai manajer, Guardiola dan Klopp sudah sangat sering berhadapan. Mereka sudah berduel sebanyak 22 kali, catatan hasil pertandingannya masih imbang.

Guardiola dan Klopp masing-masing mencatatkan sembilan kemenangan. Sementara itu, empat adu taktik lainnya antara Guardiola dengan Klopp berakhir imbang.

Dalam empat pertandingan terakhir di Liga Inggris, Klopp sedang susah mengalahkan Guardiola. Dalam dua pertandingan, Guardiola mampu menaklukkan Liverpool. Sementara dua laga sisa antara Man City selesai imbang.

Pada putaran pertama Liga Inggris musim ini, Manchester City bermain imbang 2-2. Saat bertanding di Anfield, City mencetak gol via Kevin De Bruyne dan Phil Foden. Sementara gol Liverpool dibukukan oleh Mohamed salah dan Sadio Mane.

Liverpool  harus waspada, sebab musim lalu Man City  menang 4-0 lewat gol Kevin De Bruyne, Rahem Sterling, Phil Foden dan gol bunuh diri dari Alex Oxlade-Chamberlain

Guardiola mengatakan, laga nanti bakal berjalan ketat, karena masing-masing tim ingin menang. “Laga bakal ketat dan sulit. Kedua tim punya kemampuan berimbang, para pemain memiliki motivasi tinggi yang sama. Tentu kami berusaha meraih kemenangan, pasalnya kemenangan sangat krusial dalam menjaga jarak dengan Liverpool,” kata Guardiola di situs klub.

Terkait persaingan dengan Klopp, Guardiola mengatakan,  rekor masa lalu tidak begitu menentukan dalam menghadapi sebuah pertandingan. “Kami sudah sering bertemu, tapi setiap laga memiliki situasi yang berbeda. Hasil laga nanti, tidak bisa ditentukan oleh pertemuan kami sebelumnya. Tapi yang jelas, kami ingin menang dan mempertahankan posisi di klasemen,” tegas Guardiola.

Sempat unggul jauh di klasemen, Man City belakangan tersendat. Mereka sempat mendapat satu hasil seri dan satu kali kalah dalam lima laga terakhir di Premier League.

Sementara itu, Liverpool sedang melaju kencang. Pasukan Juergen Klopp itu menang di 10 laga terakhir secara beruntun di Premier League.

Performa impresif Liverpool itu tak luput dari perhatian gelandang City Ilkay Guendogan. Dia mewanti-wanti City agar tidak membuat kesalahan.

“Liverpool ada di antara tim terbaik di dunia saat ini. Mereka mencapai performa luar biasa. Pertandingan di liga akan sulit. Kami ingin menang melawan mereka di kandang. Ini akan jadi pertandingan antara dua tim di level yang sama. Kami tidak boleh membuat kesalahan. Mereka sangat efektif dalam serangan balik,”  kata Guendogan seperti dilansir Mirror.

Di pihak lawan Klopp menilai, jika Liverpool menumbangkan Man City, itu tidak akan membuat mereka begitu saja menjadi juara Liga Inggris. “Jika menang melawan Man City yang sudah pasti cukup sulit untuk diraih, saya pikir tidak akan ada yang berpikir: ‘Ya, juaranya sudah ditetapkan’. Itu karena kualitas lawan,” ujar Klopp dilansir dari Liverpoolecho.

Klopp sendiri mengumbar pujian buat Guardiola. Ia mengaku terkesan dengan kemampuan City yang bisa terus bersaing di level tertinggi, termasuk di pentas Liga Primer Inggris.

“Saya sangat menghormati apa yang dilakukan City. Tim yang benar-benar luar biasa. Buat saya, Guardiola adalah pelatih terbaik di dunia. Jadi, kombinasi itu membuat laga akhir pekan ini akan sangat sulit. Namun, mereka juga sama-sama manusia,” tutur Klopp.

Pemain Liverpool, Sadio Mane mengingatkan rekan-rekannya untuk tampil dengan performa terbaik di laga nanti. “Laga nanti memang tidak menentukan status juara musim ini, tetapi paling tidak, kemenangan memberikan motivasi untuk terus melangkah dengan optimisme menuju akhir musim. Kami hanya dituntut untuk meraih hasil maksimal, walau itu sulit, karena City juga sangat kuat,” kata Mane di situs kulb.

Laga lainnya adalah Everton vs Manchester United, Arsenal vs Brighton & Hove Albion, Southampton vs Chelsea, Watford vs Leeds United, Aston Villa vs Tottenham Hotspur,  Brentford vs West Ham United, Leicester City vs Crystal Palace dan Norwich City vs Burnley.***

Vitus DP

Komentar