International Media

Senin, 3 Oktober 2022

Senin, 3 Oktober 2022

City Dituntut Menangkan 3 Laga Sisa

Aksi Raheem Sterling saat melewati hadangan pemain Newcastle United.

MANCHESTER – Manchester City menebus kekalahan dari Real Madrid di Liga Champions dengan berpesta gol saat menghadapi Newcastle United di Liga Inggris. Lima gol digelontorkan City dalam laga yang berlangsung di Etihad Stadium, Minggu (8/5) malam WIB.

Gol The Citizens lahir dari brace Raheem Sterling, Aymeric Laporte, Rodri dan Phil Foden. Tambahan tiga angka membawa Man City kembali ke puncak klasemen dengan 86 poin. Mereka menjauhi kejaran Liverpool yang meraih 83 poin di urutan kedua dengan tiga laga tersisa.

Manajer Manchester  City, Pep Guardiola, menegaskan selalu yakin timnnya takkan terpuruk usai ditumbangkan Madrid. Mantan pelatih Barcelona ini paham betul kapasitas anak asuhannya. Tak ada kekhawatiran, bahwa  kegagalan di Liga Champions bakal berpengaruh pada kiprah City dalam perburuan gelar juara Liga Inggris.

“Kami lima tahun melakukan ini setiap tiga hari. Jika beberapa orang meragukan kami, mereka tidak mengenal tim ini. Ini adalah salah satu grup terbaik yang pernah saya latih dalam hidup saya,” ujar Guardiola dikutip dari BBC.

Guardiola juga menilai Manchester City bukan pilihan publik Inggris  terkait juara Premier League. Dia menyebut orang-orang di sana lebih suka Liverpool yang juara.

“Semua orang di negara ini mendukung Liverpool, media dan semuanya. Tentu saja karena Liverpool punya sejarah luar biasa di kompetisi Eropa. Tidak di Premier League, karena mereka juara satu kali dalam 30 tahun, tapi itu bukan masalah sama sekali,” ,” ujar Guardiola.

City memang cukup dominan di Premier League dalam 10 musim terakhir. Mereka juara Premier League lima kali dan tiga kali finis sebagai runner-up.

“Liverpool bersama (Manchester) United sebagai tim paling penting dalam hal gelar juara, warisan, sejarah, drama untuk banyak, banyak hal. Tapi kami sudah di sana sejak 11 atau 12 tahun terakhir. Saya tahu kadang kami tidak nyaman, tapi saya tidak peduli kalau orang-orang lebih ingin Liverpool yang juara. Ini bukan masalah,” ucap Guardiola.

Pemain City,  Jack Grealish menyebut kemenangan atas Newcastle jadi respons yang sempurna usai kekalahan dari Madrid. Dia juga memuji penampilan City.

“Kami tahu akan ada tekanan  di laga ini setelah kekalahan itu, kami bangkit dengan sempurna. Kami perlu tetap kompak. Kami akan mencoba mengakhiri musim dengan kuat dan kami melakukannya kali ini. Newcastle brilian sejak Januari. Hari ini adalah respons yang sempurna dan performa yang sempurna. Kami cuma harus menghadapinya dan memenangi setiap pertandingan. Kami memegang kendali. Kami tidak boleh melihat sekeliling kami semoga saja,” ujar Grealish kepada Sky Sports

Hanya sayang, City mendapat pukulan di tengah upayanya mengejar gelar Premier League. Ruben Dias, John Stones dan Kyle Walker harus mengakhiri musim lebih awal karena cedera.

Ruben Dias jadi ‘tumbal’ kemenangan City atas Newcastle United. Bek asal Portugal itu harus ditarik keluar saat pergantian babak karena masalah otot. Kyle Walker mengalami masalah pada pergelangan kaki saat City kalah dari Real Madrid di Liga Champions tengah pekan kemarin. Sedangkan John Stones sudah absen di dua laga terakhir karena cedera hamstring.

Persaingan Manchester City dan Liverpool dalam memperebutkan gelar juara Liga Inggris bakal ditentukan di pekan-pekan akhir.  Hasil imbang 1-1 saat menjamu  Tottenham Hotspur, Sabtu (7/5), membuat Liverpool dijauhi oleh Manchester dengan selisih 3 poin.

Itu artinya di tiga laga sisa, kedua tim berada dalam tekanan yang tinggi karena dituntut untuk tidak kalah. Jika ada yang sampai tergelincir akan menjadi malapetaka besar.

“Persaingan dengan Liverpool masih sangat ketat. Tentu saja kami tidak boleh lengah, walau kami tahu ada beberapa pemain yang mengalami cedera. Persaingan Liga Inggris musim ini sangat ketat, namun kami tentu berjuang agar keluar sebagai pemenang,” tandas Grealish.

City selanjutnya akan dijamu Wolverhampton Wanderers pada Kamis (12/5) dinihari WIB, lalu bertandang ke markas West Ham United (15/5) dan menjamu Aston Villa (22/5).

Sementara Liverpool akan dijamu Aston Villa pada  Rabu (11/5) dinihari WIB, bertandang ke kandang Southampton pada Selasa (17/5) dan menghadapi Wolverhampton Wanderers di kandang sendiri pada  Minggu (22/5).***

Vitus DP

Komentar

Baca juga