International Media

Senin, 23 Mei 2022

Senin, 23 Mei 2022

City dan Liverpool Kembali Saling Sikut

Bernardo Silva (kanan) kembali akan berhadapan dengan Virgil van Dijk, dalam duel Manchester City kontra Liverpool.

MANCHESTER –  Manchester City dan Liverpool  kembali saling sikut. Kali ini  dalam duel semifinal Piala FA  2021-2022 yang berlangsung di Stadion Etihad, Sabtu (16/4) malam WIB.

Manchester City mau mengamankan kans juara Piala FA sekaligus menjaga kans meraih treble winners. Liverpool juga punya misi yang sama, mau mengamankan quadruple alias empat gelar.

Manchester City dan Liverpool  sama-sama baru bermain di leg kedua perempatfinal Liga Champions beberapa hari lalu. Maka para manajer, Pep Guardiola dan Juergen Klopp harus memeras otak meracik skuad terbaik.

Hanya saja jelang laga nanti,  skuad Guardiola dalam masalah besar. Ia mengaku sangat terupukul dengan cederanya Kevin de Bruyne dan Kyle Walker. “Kami dalam masalah besar. Kami bermain beberapa hari lalu, sekarang kami memiliki banyak cedera pemain, saya tidak tahu apa yang akan terjadi dalam beberapa pekan ke depan,”  ujar Guardiola dikutip dari Manchester Evening News.

Cedera kedua pemain dialami saat City bermain imbang 0-0 melawan Atletico Madrid di leg kedua perempatfinal Liga Champions di Wanda Metropolitano, Kamis (14/4) dinihari WIB.

De Bruyne dan Walker terpaksa menyudahi pertandingan lebih awal karena cedera. Sementara Phil Foden memerlukan perban di kepalanya.

De Bruyne terlihat mengompres pergelangan kakinya dengan es setelah ditarik keluar. Walker juga mengalami masalah pada pergelangan kakinya saat mencoba membuang bola.

Guardiola memang tidak menyebut seberapa parah cedera kedua pemainnya itu. “Kami merayakan hasil ini karena ini ketiga kalinya dalam sejarah Manchester City kami lolos ke semifinal Liga Champions. Tapi kami tidak boleh lupa para pemain kami didera cedera. Saya tak tahu apa yang akan terjadi di laga berikutnya,” kata Guardiola.

Ia menyebut, laga  melawan Liverpool sangat penting. Pasalnya  City ingin melaju lebih jauh di ajang ini. “Kami tentu saja ingin tampil di babak puncak, maka kami harus fight di laga melawan Liverpool. Kami tetap mengandalkan pemain yang kami miliki, yang punya semangat bertanding yang tinggi,” kata pelatih asal Spanyol itu.  

Pemain City Bernardo Silva mengaku sudah tidak sabar melawan Liverpool di Piala FA. ”Piala FA sangat penting bagi kami. Kami tentu harus berjuang melawan Liverpool untuk tampil di babak final. Saya sendiri sudah tidak sabar lagi dengan laga tersebut, walau kami mengalami jadwal yang sangat padat dan melelahkan. Tetapi Liverpool juga mengalami hal yang sama. Maka laga nanti bakal seru dan ketat,” kata  Silva di situs klub.

Kedua tim  sudah  berhadapan pekan lalu di Liga Inggris dengan hasil akhir sama kuat 2-2. Kini sudah pasti, tidak ada lagi hasil seri.

Di pihak Liverpool,  Juergen Klopp menilai Liverpool tidak dalam level terbaik saat menghadapi Manchester City pekan lalu (Liga Inggris). Klopp yakin Liverpool akan tampil beda saat kedua tim jumpa lagi di Piala FA.

Saat menghadapi Benfica di Liga Champions, Klopp mengistirahatkan sejumlah pilar dan melakukan tujuh perubahan pada starting XI Liverpool jika dibandingkan saat melawan City. Sedangkan Pep Guardiola hanya melakukan dua perubahan dari susunan pemain melawan Liverpool untuk menghadapi Atletico.

Klopp menepis perbedaan persiapan itu akan menguntungkan Liverpool. Namun, Klopp mengharapkan level penampilan yang berbeda dari Liverpool.

“Kami mengalaminya pekan lalu sebelum melawan City. Kami menjalani laga tandang (ke Lisbon) dan tiba di tengah hari keesokan harinya. Bepergian itu tentu saja intens. Akankah ini memberi kami keuntungan? Saya tidak tahu. Kita lihat saja. Sama-sama intens untuk kedua tim (di Liga Champions). City sangat kuat pekan lalu dan kami tidak dalam kondisi terbaik, jadi saya ingin melihat pertandingan di mana kami juga di level terbaik. Itu bakal menarik,”  ujar Klopp seperti dilansir Guardian.

Pilar Liverpool Roberto Firmino menegaskan, timnya siap memberikan yang terbaik di duel nanti. “Melawan City, selalu sulit dan berat. Tapi di laga nanti, kami akan tampil dengan performa terbaik. Kami ingin menang, karena tujuan kami tampil di final dan juara,” tegas  Firmino.

Laga semifinal lainnya, Chelsea melawan Crystal Palace, Minggu (17/4) pukul 22.30 WIB.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga