Chinese Languange Education Foundation Selenggarakan Global Chinese Recitation Contest

Presentasi lomba The 4th Global Chinese Recitation Contest yang diikuti perwakilan dan kepala BKPBM serta institusi pendidikan bahasa Tionghoa seluruh Indonesia.

JAKARTA—Chinese Languange Education Foundation sejak tahun 2018, setiap tahunnya menyelenggarakan Global Chinese Recitation Contest.

Membangun platform pertukaran bahasa yang profesional dan ketat bagi anak muda luar negeri yang menyukai budaya Tionghoa. Sehingga remaja Tionghoa luar negeri  dapat menunjukkan kecakapan bahasa serta sikap dan semangat mereka melalui membaca puisi.

The 4th Global Chinese Recitation Contest akan berlangsung resmi pada Maret 2021. Akibat terdampak wabah Covid-19, maka kontes ini berlangsung secara daring.

Untuk lebih memajukan perkembangan pendidikan bahasa Tionghoa di Indonesia, sekaligus menstimulasi semangat para siswa dalam mempelajari bahasa Mandarin, melatih keterampilan ekspresi lisan siswa dan merangsang pembentukan lingkungan bahasa, Perhimpunan Pendidikan Bahasa Tionghoa Indonesia aktif mengorganisir lembaga pendidikan Tionghoa berbagai provinsi memobilisasi para siswa untuk berpartisipasi dalam The 4th Global Chinese Recitation Contest.

Pendaftaran lomba dimulai sekarang hingga 11 April mendatang. Upload video berakhir pada 30 April mendatang.

Siswa yang berpartisipasi harus dengan mengisi formulir pendaftaran online dengan seksama. Link address-nya sebagai berikut : http://zonghui.yachengchinese.com/langsong/lsdaftar.php.

30 April hingga 4 Mei mendatang, panitia kompetisi wilayah Indonesia akan melakukan penilaian karya peserta lomba. (6/5) pagi hari nama pemenang akan diumumkan.

Pada 6 Mei sore, semua karya pemenang lomba di Indonesia dikirim ke Panitia The 4th Global Chinese Recitation Contest di Beijing, Tiongkok untuk dinilai.

Kemudian 11 Juni hingga 22 Juni para finalis lomba kawasan Indonesia dikumpulkan untuk menerima arahan dari panitia penyelenggara lomba untuk membantu para siswa memamerkan karyanya.

Sejak 22 Juni 2021, karya pemenang lomba kawasan Indonesia dipamerkan dan disiarkan. Sekaligus memobilisasi institusi dan unit pendidikan Tionghoa setempat untuk menonton dan belajar.

Perhimpunan Pendidikan Bahasa Tionghoa Indonesia Sabtu (27/3) lalu khusus mengundang perwakilan dan kepala BKPBM serta institusi pendidikan bahasa Tionghoa seluruh Indonesia untuk menggelar presentasi kegiatan lomba melalui platform ZOOM.

Presentasi dipandu oleh perwakilan panitia penyelenggara lomba kawasan Indonesia guru Xin. Sedangkan perwakilan panitia penyelenggara Zhou Huifeng menjelaskan detail terkait lomba kepada para peserta. Ketua Perkumpulan Pendidikan Bahasa Tionghoa Indonesia Zheng Jieshan menyampaikan kata sambutan.

Selanjutnya Wakil Ketua BKPBM Jatim Liu Yi Jiang, Wakil Ketua Liang Rong Sheng dan Ketua Eksekutif Su Xian Yuan menyampaikan pidato. Mereka mendorong semua orang untuk berperan aktif bersama untuk mendorong lebih banyak siswa berpartisipasi dalam kompetisi baca puisi tersebut. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp