Chelsea Tampil Impresif Redam Spurs

. Laga Tottenham Hotspur kontra Chelsea yang dimenangkan Chelsea.

LONDON –  Chelsea tampil impresif saat melakoni Derby London kontra Tottenham Hotspur,  di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (19/9) malam WIB. The Blues menang 3-0 yang seluruh golnya dibuat di babak kedua.

Chelsea tampil dominan dengan 53 persen ball possesion dan membuat 20 attempts, 10 di antaranya mengarah ke gawang. Tiga gol dicetak Thiago Silva di menit ke-49, lalu N’Golo Kante ke-57 dan ditutup Antonio Ruediger di menit ke-92.

Chelsea memasang formasi menyerang untuk mendapatkan gol secepatnya. Meski begitu, performa Chelsea di babak pertama terbilang mengecewakan karena tidak membuat satu pun shot on target dari total enam tembakan.

Tottenham bahkan lebih membahayakan saat menyerang dan membuat satu attempts on target. Ini jadi kali pertama Chelsea-nya Thomas Tuchel gagal membuat shot on target di babak pertama Premier League.

Performa Chelsea di babak kedua pun memuaskan Tuchel, yang mengaku sempat kecewa melihat jalannya 45 menit pertama. “Ya, anda betul. Saya memang tidak senang dengan performa di babak pertama. Performa individu lebih menonjol di babak itu dari Kepa dan Thiago Silva. Sejatinya pemain lain tampil oke, tapi kami kurang intens, tak bertenaga, dan kalah di dalam duel serta perebutan bola 50:50,” ujar Tuchel di BBC Sport.

Menurut Tuchel, kemenangan timnya lebih karena agresivitas. “Saya rasa kami ingin unjuk gigi dengan skill para pemain, tapi itu saja tidak cukup di laga derby seperti ini. Lebih kepada agresivitas, memenangi duel dan tampil lebih baik sebagai tim. Kami bicarakan itu saat jeda babak pertama. Kami pun tampil sangat bagus di babak kedua dan pantas menang. Reaksinya sangat bagus, sehingga saya senang dengan performa babak kedua,” ujar Tuchel.

Tuchel menyanjung penampilan N’Golo Kante yang tampil saat babak kedua dimulai. “Dia memainkan peran yang besar. N’Golo adalah pemain yang unik. Memilikinya di lapangan memberikan perbedaan besar di segala aspek,” kata Tuchel.

Lalu khusus untuk Ruediger, ia  bermain solid. Squawka mencatat Ruediger membuat 100 persen akurasi tembakan, 100 persen memenangi duel udara, dua kali intersep, dua kali sapuan, dan tidak membuat satu pun pelanggaran

Jika melihat apa yang dilalui Ruediger sebelum laga ini, fans Chelsea pasti akan lebih kagum. Sebab, bek asal Jerman itu nyaris tidak bisa bermain karena dilarang masuk ke dalam stadion.

Dikutip Football London, Ruediger sempat kesulitan mengakses paspor Covid-19 di ponsel miliknya, sejenis aplikasi PeduliLindungi di Indonesia. Padahal paspor itu jadi syarat mutlak pemain Liga Inggris untuk bisa bertanding, karena ada laporan tes Covid-19 yang dilakukan pemain secara berkala.

Padahal rekan-rekan Ruediger yang lain tidak bermasalah sehingga dia sempat tertahan lama di luar Tottenham Hotspur Stadium. Akses biometrik di ponselnya yang bermasalah membutuhkan waktu lama untuk diperbaiki, sebelum akhirnya Ruediger diizinkan masuk.

Sementara di pihak  Tottenham Hotspur, manajer  Nuno Espirito Santo membeberkan penyebab timnya menderita kekalahan. Masalah utama adalah  konsistensi.  Tim juga dianggap tak dapat berkembang, usai kebobolan terlebih dahulu.

“Pada babak pertama, kami dapat bermain dengan baik. Kami menekan dan sikap para pemain juga bagus, serta menciptakan peluang. Kami seharusnya berkembang dari hal itu. Kami seharusnya juga mewaspadai masalah yang datang di paruh kedua. Kami kebobolan dari posisi set-piece dan hal itu begitu mengecewakan. Dari situ, situasinya semakin sulit. Kami tak bisa bersaing” kata Nuno di laman resmi klub.

Satu hal yang turut disorot adalah performa Harry Kane. Sudah empat laga terakhir di Liga Inggris, Kane mandul.  Dicatat Opta, ini adalah statistik terburuknya di awal musim sejak 2015/2016, saat melalui empat laga tanpa satu gol pun.

Di tiga laga terakhir, Kane sebenarnya bermain penuh 90 menit. Sayangnya, top skor Liga Inggris musim lalu itu tidak terlihat taringnya. Hasil ini sekaligus membuat Spurs terjun ke posisi ketujuh klasemen sementara dengan poin 9. Mereka tertinggal empat angka dari Chelsea yang kini berada di puncak.***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp