Chelsea Sukses Atasi West Ham Karena Main Fokus

Timo Werner saat melesatkan gol ke gawang West Ham.

LONDON – Chelsea mendapatkan hasil positif dalam rangka mengejar tiket Liga Champions,  usai menang 1-0 atas tuan rumah West Ham United.

Dalam laga yang berlangsung di London Olympic Stadium, Sabtu (24/4) malam itu, Chelsea menang 1-0 lewat gol Timo Werner.

Chelsea tampil dominan dengan 55 persen ball possesion dan membuat 17 attempts, enam on goal. Sementara itu West Ham cuma bikin dua attempts on target dari total sembilan attempts. 

Dengan demikian,  Chelsea melanjutkan kiprah mantapnya bersama Thomas Tuchel.

 Meski pernah menelan satu kekalahan  saat disikat 2-5 oleh West Bromwich Albiion, laju Chelsea bersama Tuchel masih mengagumkan. Selain dibawa lolos ke semifinal Liga Champions, Chelsea juga melaju ke final Piala FA.

Hasil ini  juga melanjutkan catatan apik Chelsea bersama Tuchel, yang tak terkalahkan di 10 pertandingan tandang pertamanya di seluruh kompetisi dengan delapan kemenangan dan dua seri.

Tuchel jadi manajer kedua yang melakukannya di Premier League setelah Claudio Ranieri bareng Leicester City sebanyak 11 pertandingan di 2015. Selain itu, Chelsea jadi tim kedua dengan jumlah poin terbanyak setelah Manchester City (36), yakni 29 poin.

Mereka juga berhasil mencatatkan 10 clean sheet dari 14 laga sejauh ini, torehan tercepat. Performa mantap inilah yang bikin kepercayaan diri para pemain meningkat, terutama Tuchel.

“Para pemain sangat, sangat senang di ruang ganti. Performa luar biasa, hasil yang mantap, dan saya rasa kami pantas mendapatkannya,” ujar Tuchel kepada Sky Sports.

Namun ia mengakui, timnya sempat tampil kurang bagus di awal-awal babak. “Kami memang sempat tidak tampil oke di 10-15 menit pertama setelah jeda, tapi kami luar biasa di setengah jam terakhir dan juga di babak pertama. Kami mempersiapkan diri biasa-biasa saja dan tidak membicarakan lagi soal Super League sejak Selasa. Saya rasa semua pemain fokus penuh dan berkonsentrasi,” kata  Tuchel.

Terkait gol Werner,  hal itu menandakan striker asal Jerman tersebut sudah bisa bikin gol setelah gagal menjebol gawang lawan pada 11 laga beruntun Chelsea sebelumnya di semua ajang.

“Ada kesempatan kedua, saya harusnya mencetak gol, tetapi tak apa-apa karena saya harus kembali perlahan. Satu gol sudah cukup. Dua gol mungkin terlalu banyak untuk permulaan,” kata Werner kepada Sky Sports.

Jika cuma merujuk ajang Liga Inggris, Werner gagal mencetak gol di tujuh laga terakhir sebelum melawan West Ham. Total saat ini pemain berusia 25 tahun tersebut mengantongi enam gol dan enam assist di liga.

Werner bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2020. Dia ditebus dari RB Leipzig seharga 47,5 Pound setelah mencetak 34 gol sepanjang musim 2019/2020.

Chelsea selanjutnya bertandang ke markas Real Madrid di leg pertama semifinal Liga Champions. Werner tentu diharapkan  bisa kembali mencetak gol.

Sementara itu di kubu West Ham United, manajer David Moyes, mengecam kartu merah Fabian Balbuena. Ia menilai hal itu sebuah keputusan yang keliru.

Tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain setelah Balbuena  diusir wasit Chris Kavanagh setelah menginjak kaki Ben Chilwell.

Balbuena sekilas tampak tak sengaja. Bek asal Paraguay ini berusaha membuang bola sebelum ayunan kakinya kemudian menginjak paha dari Chilwell.

Kavanagh awalnya juga tak merespon tindakan Balbuena ini sebagai pelanggaran. Namun, Video Assistant Referee memintaanya untuk meninjau tayangan ulang. Baru, Kavanagh kemudian mencabut kartu merah.

“Saya hanya berpikir itu adalah keputusan yang sangat buruk. Saya tidak tahu siapa yang menghentikan pertandingan.Saya rasa itu benar-benar sudah jelas (sebuah kesalahan). Namun, itu menunjukkan kepada saya bahwa orang yang membuat keputusan ini tak pernah bermain sepakbola,” ujar Moyes dikutip dari ESPN. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp