International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Chelsea Melenggang ke Babak 16 Besar

Kegembiraan pemain Chelsea saat mengalahkan Salzburg.

LEIPZIG – Chelsea berhasil mengalahkan Salzburg 2-1 pada matchday kelima Grup E Liga Champions, di Red Bull Arena, yang tuntas pada Rabu (26/10) dinihari WIB. The Blues  pun melenggang ke 16 besar.

Chelsea memimpin di babak pertama lewat Mateo Kovacic. Namun   tim asal London itu  lengah di awal babak kedua. Junior Adamu sukses mencetak gol untuk Salzburg  guna menyamakan kedudukan. Chelsea  memastikan kemenangan melalui Kai Havertz.

Manajer Graham Potter menyanjung para pemain  dan puas  dengan perjuangan Mateo Kovacic dan kolega. Menurutnya, penampilan para pemain cukup luar biasa saat menghadapi tim tuan rumah. Pasalnya, berbagai skema yang dirinya instruksikan bisa dijalankan dengan sangat baik.

“Itu adalah penampilan fantastis dari para pemain. Butuh keberanian nyata karena kami bisa merasakan atmosfernya. Itu sangat intens,” kata Potter dilansir dari laman Chelsea.

Pelatih berusia 47 tahun itu mengatakan RB Salzburg memberikan perlawanan gigih dan  ketat sepanjang laga. “Kami mengontrol tekanan mereka dengan baik. Tidak mudah untuk menang di sini seperti yang dilihat dari catatan yang mereka miliki. Kami harus bermain bagus. Kami sedikit kecewa karena hanya unggul satu. Kami seharusnya mendapat lebih banyak gol di babak pertama,” katanya.

Kedua tim bermain terbuka dan saling menyerang. Dilansir dari situs resmi UEFA, Salzburg melepaskan tujuh tembakan ke arah gawang dan Chelsea lebih banyak dengan 11 kali.

Kiper Salzburg Philipp Kohn sempat jadi momok Chelsea. Kohn tampil ciamik saat menggagalkan dua peluang emas Aubameyang, salah satunya menangi duel satu lawan satu.

Gol Kovacic tercipta saat sang gelandang menyapu bola liar dengan kaki kiri dan mengarah keras ke pojok gawang. Gol Havertz juga tercipta dengan kaki kiri, dirinya lepas tembakan melengkung yang kena tiang atas dan memantul deras.

“Gol-gol yang spektakuler, keduanya mengarah ke pojok kanan atas gawang. Itu memudahkan pekerjaan saya. Havertz butuh gol, saya tahu itu. Dia terus berjuang dan bekerja keras, hingga akhirnya pecah juga,” puji Potter.

Havertz memang mencetak gol yang sangat cantik. Potter mengakui bahwa Havertz memang memiliki kualitas dan juga bakat yang mumpuni. “Kualitasnya ada di sana. dia pemain yang sangat berbakat .Saya tidak akan bisa mencetak gol seperti itu, saya hanya bisa membayangkan,” kata manajer berusia 47 tahun tersebut.

Sementara Mateo Kovacic begitu senang dapat mencetak gol ke gawang RB Salzburg. Gol tersebut memiliki arti besar bagi  pemain berkebangsaan Kroasia itu.  “Menyenangkan bisa mencetak gol di tempat kelahiran saya; orangtua dan teman-teman saya ada di sini. Saya sangat senang bisa mencetak gol pada kesempatan ini,” kata Kovacic dilansir dari laman resmi UEFA.

Namun ia mengakui, tidak mudah bagi timnya mengalahkan tuan rumah yang tampil dengan gigih. “Sangat senang dengan hasilnya. Ini adalah pertandingan yang sangat sulit, yang kami tahu akan terjadi. Semua orang berpegang teguh pada tugas mereka, kami memberikan segalanya dan tiga poin adalah milik kami. Kami senang lolos,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kovacic mengungkapkan kunci kemenangan timnya adalah sanggup mengantisipasi agresivitas Die Roten Bullen. “Kami tahu bahwa mereka akan tampil kuat di babak kedua. Kami membuat sedikit kesalahan dan kami kebobolan, tetapi kami bereaksi dengan sangat baik,” ucapnya.

Di laga lain grup ini, AC Milan pesta gol atas tuan rumah Dinamo Zagreb, di Stadion Maksimir, Rabu (26/10) dinihari WIB. Rossoneri menang 4-0 dan menjaga asa lolos ke 16 besar Liga Champions.

Dengan hasil laga-laga di atas, Chelsea makin kokoh di puncak klasemen Grup E  dengan koleksi 10 poin. The Blues unggul tiga angka dari AC Milan, yang ada di posisi kedua. Selanjutnya, Chelsea bakal bertanding kontra RB Dinamo Zagreb pada Kamis 3 November 2022. Sedangkan RB Salzburg berjumpa AC Milan di waktu yang sama.

Hasil laga lainnya  Grup F: Celtic 1-1 Shakhtar Donetsk dan RB Leipzig 3-2 Real Madrid. Grup G: Borussia Dortmund 0-0 Manchester City dan Sevilla 3-0 FC Copenhagen. Grup H: Paris Saint-Germain 7-2 Maccabi Haifa dan  Benfica 4-3 Juventus.***

Vitus DP

Komentar