Bupati Lebak Sasar Warga Baduy Turut Disuntik Vaksin

Warga Baduy.

LEBAK- Pemerintah Kabupaten Lebak berencana memasukkan masyarakat adat Baduy menjadi target sasaran penerima vaksinasi Covid-19.

Meskipun hingga kini warga suku asli Banten itu belum ada yang tercatat terinfeksi virus korona, perlindungan tetap perlu ditempuh. Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengungkapkan tengah melakukan pendekatan untuk melangsungkan program penyuntikan vaksin korona.

“Kita harus persuasif, sedang kita sosialisasikan,” kata Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, Selasa (16/3).

Pasalnya, Iti melanjutkan, pemerintah daerah tak bisa serta merta memaksakan program vaksinasi Covid-19 untuk mayarakat Baduy. Mengingat, komunitas ini bagian dari perkampungan adat sehingga kebijakan yang diterapkan pun harus menghargai keputusan adat.

Karena itu, untuk melakukan vaksinasi harus terlebih dulu sowan ke kepala adat dan meminta pertimbangan keputusan adat yang berlaku di Suku Baduy.

“Baduy itu kan memang mengikuti kebijakan adat yah, yaitu kita tidak bisa kebijakan pemerintah begini,” terang Iti lagi.

Jika sudah mendapatkan izin dari para tetua adat, nantinya vaksinasi Covid-19 tidak akan digelar di rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan, melainkan di perkampungan Baduy atau Ciboleger.

Kendati begitu prosesnya bakal tetap sama layaknya vaksinasi lain. Setiap warga pun wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Jika dinyatakan memenuhi syarat, maka baru akan disuntik vaksin Covid-19.

“Kita [vaksinator] yang ke sana [perkampungan Baduy]. Tetep melewati lima meja [pemeriksaan kesehatan] itu,” jelas dia.

Tenaga kesehatan Pemkab Lebak sebelumnya menyatakan belum ada satu pun masyarakat adat Baduy dinyatakan positif virus korona (SARS-CoV-2). Menurut petugas medis di Puskesmas Cisimeut, Iton Rustandi, masyarakat Baduy di pedalaman Lebak terbebas dari Covid-19 lantaran disiplin tidak ke luar daerah.

Masyarakat Baduy pun disebut lebih mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan, mencuci tangan demi mencegah penularan virus corona.

Perlu diketahui saat ini perkampungan Baduy sedang ditutup, mereka tengah melakukan puasa Kawalu sebelum menggelar Seba Baduy. ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp