Bupati Landak Karolin Margret Natasa Serahkan Bantuan Benih Padi ke Petani Sompak

Bupati Landak Karolin Margret Natasa (kedua kiri) menyerahkan bantuan benih padi kepada petani di Kecamatan Sompak.

LANDAK–Bupati Landak Karolin Margret Natasa Rabu (7/4) lalu menyerahkan bantuan benih padi untuk para petani di Kecamatan Sompak.

“Bantuan sebanyak 31,5 ton benih padi yang bersumber dari APBN dan APBD Kabupaten Landak untuk mendukung pertanian di masa pandemi Covid-19,” kata Karolin pada acara penyerahan benih padi di aula pertemuan Desa Sompak.

Menurutnya, bantuan dari APBN bersumber dari Kementerian Pertanian yakni Inpari 30 Ciherang dengan label biru. Sedangkan dari APBD Kabupaten Landak yakni Inpari Mekongga yang merupakan varietas padi lokal Kabupaten Landak.

Pada kesempatan itu, Bupati Landak meminta para petani dan pihak desa mengembangkan potensi pertanian baik untuk padi, beras maupun benih. Sehingga dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat.

“Potensi di Landak itu bukan hanya beras, tetapi juga menjadi sumber bibit padi di Kalimantan Barat,” katanya.

Menurut Karolin, pihaknya mulai menghidupkan kelompok-kelompok penangkar benih. Dan dari mereka kita membeli benih tersebut dengan dana APBD agar para penangkar benih lokal kembali bersemangat.

Dia menambahkan akan terus berupaya membantu para petani dalam meningkatkan pertanian di Kabupaten Landak baik jumlah produksi maupun maupun kualitasnya. “Saya berusaha membantu meringankan petani. Ini sudah lumayan kan, petani tidak perlu lagi membeli benih dan menghemat pengeluaran,” kata Karolin lagi. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp