Buah Mengkudu Mampu Atasi Berbagai Penyakit

Buah mengkudu.

JAKARTA– Buah mengkudu atau Keumeudee berasal dari daerah Asia Tenggara. Tanaman ini juga memiliki nama lain yakni noni, nono, atau nonu. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m.

Memiliki bau yang tidak sedap dan rasa yang pahit, rupanya buah mengkudu memiliki manfaat yang berlimpah untuk kesehatan, meskipun kerap orang enggan untuk mengonsumsi buah tersebut.

Buah mengkudu merupakan buah obat yang mampu memberikan manfaat untuk penyakit ringan hingga penyakit berat yang berbahaya. Biasanya, buah mengkudu akan diolah terlebih dahulu menjadi jus sebelum dikonsumsi.

Kandungan buah mengkudu terdiri dari 90% air dan 10% bagian kering yang terdiri dari serat, protein, dan gula. Buah mengkudu juga mengandung mineral seperti kalsium, sulfur, kalium, magnesium, fosfor, serta selenium. Sedangkan untuk vitaminnya antara lain vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C.

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat diatasi setelah mengonsumsi buah mengkudu:

1. Osteoartritis

Kedahsyatan buah mengkudu dipercaya dapat mengurangi kebutuhan penderita osteoartritis untuk mengonsumsi obat pereda rasa sakit. Osteoartritis adalah peradangan kronis pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan yang mampu membuat sendi terasa sakit, kaku, dan bengkak.

2. Kolesterol

Solusi mudah untuk membantu menurunkan kolesterol adalah mengonsumsi buah mengkudu atau diolah menjadi minuman jus. Jus mengkudu bisa mengurangi kolesterol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi.

3. Gula darah

Buah mengkudu memiliki sifat penurunan gula darah. Dikutip dari hellosehat, sebuah studi dari Universitas Hindia Barat menemukan manfaat buah mengkudu yang efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah.

Kandungan potasium yang tinggi di dalam buah mengkudu dapat menyebabkan kelelahan, mual, sulit bernapas, ginjal, serta yang paling parah kelumpuhan dan masalah jantung.

4. Demam

Salah satu kandungan dalam buah mengkudu memiliki sifat antivirus yang mampu mengatasi demam, nyeri, hingga batuk.

5. Kanker

Buah mengkudu juga bermanfaat untuk mencegah kanker. Kandungan di dalam buah mengkudu seperti antioksidan yang mampu mengatasi risiko terjadinya kanker. Buah mengkudu diketahui pula telah menunjukkan sifat-sifat yang mampu merangsang kekebalan tubuh dan mampu melawan tumor.

Meskipun kaya akan manfaat, tak boleh sembarangan, buah mengkudu tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, buah ini dapat berdampak buruk untuk janin dan bayi.

Buah mengkudu juga dianjurkan untuk tidak dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit organ hati. Untuk lebih aman, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan pastikan konsumsi secukupnya.***

Frans Gultom

Frans Gultom

Tulis Komentar

WhatsApp