International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

Buah Alpukat Dipercaya Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

JAKARTA(IM)- Mengonsumsi  alpukat setiap hari ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut.

Manfaat konsumsi alpukat terhadap penurunan kadar kolesterol LDL ini dijelaskan dalam sebuah studi pada Journal of the American Heart Association. 

Selama enam bulan, tim peneliti meminta 923 orang partisipan untuk mengonsumsi alpukat setiap hari atau tidak mengonsumsi alpukat sama sekali.

Kadar kolesterol para partisipan juga diukur selama studi berlangsung. Setelah enam bulan, tim peneliti menemukan adanya penurunan kadar kolesterol LDL pada partisipan yang mengonsumsi alpukat setiap hari.

“Mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari dalam studi ini tidak mendorong terjadinya kenaikan berat badan dan juga menyebabkan sedikit penurunan pada kolesterol LDL,” ujar peneliti dari Penn State University Profesor Penny Kris-Etherton seperti dilansir laman Express, Senin (12/9).

Akan tetapi, tak semua pakar menyambut temuan ini dengan baik. Beberapa pakar menilai penurunan kadar kolesterol yang terjadi pada para partisipan disebabkan oleh menurunnya jumlah lemak hewani yang mereka konsumsi.

Terlepas dari perdebatan ini, alpukat memiliki kandungan zat gizi yang beragam. Sebagian di antaranya adalah folat, magnesium, dan fosfor. Kandungan vitamin dan mineral ini berperan penting dalam menunjang banyak fungsi di dalam tubuh dan kesehatan secara umum.

Konsumsi alpukat setiap hari tentu perlu ditunjang dengan beberapa upaya lain agar penurunan kadar kolesterol bisa optimal. Menurut National Health Service, upaya lain yang tak kalah penting untuk dilakukan agar kadar kolesterol terkendali adalah mengurangi konsumsi daging berlemak, daging olahan, dan meat pie.

Badan kesehatan tersebut juga mengimbau masyarakat untuk menghindari kebiasaan mengonsumsi mentega, minyak babi, ghee, es krim, atau keju padat. Jenis makanan lain yang perlu dibatasi untuk menurunkan kadar kolesterol adalah kue, biskuit, makanan yang mengandung minyak kelapa, dan minyak sawit.

Selain memperbaiki pola makan, orang-orang yang ingin menurunkan kadar kolesterol juga dianjurkan untuk melakukan olahraga atau latihan fisik secara rutin. Olahraga sebaiknya dilakukan minimal 150 menit per pekan. 

Frans Gultom

Komentar

Baca juga