International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

BPJS Kesehatan Depok Sosialisasikan Pengendalian Gratifikasi dan WBS ke Seluruh Rumah Sakit

BOGOR- BPJS Kesehatan Cabang Depok, Jawa Barat melakukan sosialisasi pengendalian gratifikasi dan whistle blowing systems (WBS) kepada seluruh rumah sakit yang bekerja sama pada tahun 2023.

“Sosialisasi tersebut berjuan untuk memperkuat kode etik yang harus dimiliki semua pihak dan segenap jajarannya dalam menjalankan kewenangan dan tanggung jawabnya secara pribadi maupun secara organisasi.

Hal tersebut disampaikan  Kepala Cabang BPJS Kesehatan Depok, Elisa Adam belum lama ini.

Lebih lanjut Ia menyampaikan, selama bertugas seluruh pegawai BPJS Kesehatan melakukan semua kegiatan operasional dengan berlandaskan pedoman, termasuk kerja sama dengan pihak rumah sakit.

Untuk melakukan kerjasama terhadap Fankes tersebut, pihaknya telah berpedoman dengan peraturan pemerintah antara  lain, PP No 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan, PMK No. 71 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional, PMK No.3 Tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan RS jelasnya

Selain itu, PMK No. 14 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Kesehatan dan Peraturan Nomor 16 Tahun 2020 tentang Pedoman Manajemen Faskes Rujukan Tingkat.

Ia mengatakan ada beberapa hal yang disampaikan, termasuk Sosialisasi Perpanjangan Kerja Sama Fasilitas Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) untuk rumah sakit.

Dalam proses kerja sama, kata Elisa, dilakukan beberapa tahap yang  secara transparan, mulai dari pengajuan awal, registrasi dan pengisian self assessment pada aplikasi Health Facilities Information System (HFIS), sampai tahap kredensialing yang juga melibatkan berbagai pihak, yaitu Dinas Kesehatan dan Asosiasi Faskes.

Untuk itu, katanya, guna meningkatkan rasa saling percaya perlu diterapkan kode etik pada masing-masing pihak. “Tidak bosan bosannya kami sampaikan berulang kali, apabila diketahui ada pihak yang melakukan tindakan gratifikasi terkait proses kerja sama ini, siapapun tidak terkecuali dapat dilaporkan kepada wadah yang disediakan BPJS Kesehatan, baik itu website, email, telepon, whatsapp, telegram, SMS, aplikasi SIAP, atau tatap muka langsung dengan tim WBS/UPG BPJS Kesehatan. jai/gio

Prayan Purba

Komentar