Bos BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi RI Mencapai 5,3%

JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo  optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia  bisa  menyentuh level 5,3% di 2021. Sejumlah faktor  membuat bank sentral optimis bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh positif setelah terkontraksi di 2020

“Kami melihat pada tahun 2021 pertumbuhan PDB 4,3% hingga 5,3% setelah kontraksi minus 2,8%,” kata  Perry dalam webinar MNC Group Investor Forum 2021, Rabu (3/3).

Ia mengatakan, pemulihan ekonomi di 2021, datang dari kinerja ekonomi yang sejauh ini trennya positif dan yang kabar baiknya itu didukung oleh membaiknya dan pemulihan ekonomi global. Ekspor juga tidak lagi bergantung pada komoditas primer tetapi juga manufaktur. “Ekspor kita sekarang tidak hanya tentang komoditas primer tetapi juga manufaktur,” sebutnya.

Faktor lain yang diyakini dapat menumbuhkan ekonomi di kisaran 5% yaitu adanya stimulus yang tidak hanya untuk konsumsi swasta, serta digenjotnya pembangunan infrastruktur di 2021.

Didukung sekali lagi dengan membaiknya pemulihan ekonomi, kinerja ekspor yang lebih baik serta dukungan portofolio yang berkelanjutan, dan sekaligus arus investasi. Kami juga mendorong pembiayaan bank untuk mendukung pemulihan ekonomi, termasuk ke sektor bisnis. Kami melihat pinjaman bank tumbuh sekitar 5 sampai 7%,” papar Perry.

Secara keseluruhan, stabilitas sistem keuangan juga tetap terjaga dengan rasio kecukupan modal yang sangat tinggi, serta kredit bermasalah yang terus dijaga.

Ia menambahkan, pemerintah mulai mendorong program vaksinasi virus korona (covid-19). Hal itu akan turut mengerek pertimbangan ekonomi Indonesia di tahun ini. “(Level) 4,3%-5,3% pertumbuhan ekonomi Insyaallah, ini tentang optimisme pemulihan ekonomi Indonesia,” tambahnya. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp