Bobby Nasution Pastikan Vaksinasi di Medan Tetap Siang Hari di Bulan Ramadan

Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Medan- Wali Kota Medan, Bobby Nasution membuka vaksinasi massal drive thru untuk lansia (lanjut usia) di MedanSumatera Utara (Sumut). Bobby menyebutkan pihaknya bakal tetap melakukan vaksinasi walau di bulan Ramadan.

Dari pantauan, Rabu (7/4), vaksinasi digelar di Lapangan Lanud Suwondo, Medan. Vaksinasi ini merupakan kerjasama Pemko Medan dengan Halodoc, Gojek serta pihak Lanud Suwondo.

Seusai dibuka oleh Bobby, vaksinasi massal itu juga ditinjau oleh Kapolri, Listyo Sigit Prabowo serta Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto.

Bobby Nasution mengatakan pihaknya bakal mengebut vaksinasi. Pihaknya bakal membuka terus vaksinasi massal saat Bulan Ramadan.

“Ya ini makanya nanti sebelum (Ramadan) ini kita kebut dulu, itukan fatwanya sudah ada ya tentang vaksinasi di bulan Ramadan. Tentunya kita lihat juga, kita juga nggak bisa paksakan dalam arti kata, mintanya ketika bulan puasa nanti sudah kita prediksi nanti sudah agak sedikit landai, tapi terus kita buka. Terus kita buka, terus kita ajak masyarakat nanti biar bisa divaksin,” kata Bobby kepada wartawan.

Bobby memastikan pihaknya bakal fokus melakukan vaksinasi di siang hari. Dia memastikan tidak ada vaksinasi yang dilakukan pada malam harinya.

“Kalau di malam hari, terkendala kita di sini, inikan banyak pengecekan. Makanya kita buka (pagi-siang) sampai jam lima (sore). Kenapa? Karena kalau gelap ini nggak bisa sembarang, ini masalah kesehatan. Jadi kita takut kalau nanti gelap ini nggak bisa pas penyuntikannya, jadi lebih baik malam hari tidak mungkin kita buka,” sebut Bobby.

Selain itu, Bobby juga menyebut vaksinasi massal melalui drive thru ini ditargetkan mencapai 1.000 vaksin sehari. Pihaknya bakal melihat animo masyarakat, jika nantinya animo masyarakat tinggi maka pihaknya bakal memperpanjang masa vaksinasi sesuai target Pemko Medan mencapai 75%.

“Per hari kami bisa di sini melalui drive thru bisa 1.000 vaksin yang kita suntikkan, dengan target kita bisa lah ini sebulan walaupun masih bisa banyak lagi animo masyarakat masih tinggi, kita buka terus. Jika ini masih tinggi terus animo masyarakat dan mencapai untuk mencapai kita 75% sesuai target yang sering kami katakan, kalau bisa sampai satu tahun, satu tahun kita buka,” ujar Bobby.

Pemko Medan, kata Bobby, telah menyiapkan 60 ribu vaksin. Dia menyebut, dengan jumlah demikian dan menargetkan 1.000 di vaksin maka bisa terpakai hingga 60 hari ke depan.

“Vaksin yang hari ini Pemerintah Kota Medan siapkan ada 60 ribu vaksin, berarti kalau satu hari bisa seribu, berarti ada 60 hari. Tapi tidak terbatas,” sebut Bobby.

Bobby mengatakan langkah ini bertujuan untuk mempercepat vaksinasi di Kota Medan. Ketika vaksinasi dipercepat, pertumbuhan ekonomi pasti akan bisa sama-sama percepat, oleh karena itu vaksinasi massal ini menjadi salah satu program prioritas dari Pemko Medan menangani Covid-19 melalui vaksinasi. ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp