Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

BNPB: Frekuensi Bencana di Kabupaten Bogor Tertinggi dalam 5 Tahun Terakhir

Ilustrasi bencana.

JAKARTA- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan frekuensi kejadian bencana alam di Kabupaten Bogor tertinggi dalam 5 tahun terakhir. Bahkan, Kabupaten Bogor juga menjadi penyumbang tertinggi kejadian bencana di Jawa Barat.

“Kita tahu Kabupaten Bogor juga ini tidak hanya tahun ini, bahkan dalam 5 tahun terakhir selalu paling tinggi di Indonesia dengan Kabupaten menyumbang frekuensi kejadian bencana,” ungkap Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dikutip dalam keterangannya, Selasa (27/12).

“Jadi ketika kita mengkomulatifkan kejadian bencana di provinsi, maka itu sebenarnya bagian rangkaian dari kejadian-kejadian bencana yang ada di kabupaten kota di situ,” kata Aam sapaan akrabnya.

Aam juga melaporkan bahwa jika dilihat dari data yang telah dikumpulkan oleh BNPB maka ada lima Kabupaten Kota yang menjadi penyumbang tertinggi kejadian bencana. “Nah, ini kita juga sebenarnya sudah merekap ulang lagi sebaran kejadian bencana per Kabupaten Kota. Ini lima terbesar semuanya di Jawa Barat, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, kecuali Cilacap itu Jawa Tengah, Kabupaten Bandung, dan Majalengka,” tuturnya.

“Inilah yang menyumbang sebenarnya tingginya kejadian bencana di Jawa Barat, kemudian disusul Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Aceh,” papar Aam.

Aam menyebut ketika frekuensi kejadian di sebuah wilayah tinggi maka juga harus melihat pada tekanan pada lingkungannya. “Jadi, ketika kita memang berbicara, ketika ketika berbicara populasi, tekanan pressure pada lingkungan secara tidak langsung itu ada alih fungsi lahan untuk ekonomi, perumahan dan lain-lain, kemudian mengurangi daya dukung daya tampung lingkungan,” kata dia. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media