BNI Siapkan Program Khusus Pembiayaan Pertashop

JAKARTA –  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bersinergi dengan PT Pertamina (Persero), mendukung pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang ingin memiliki usaha di bidang perdagangan bahan bakar minyak (BBM) melalui Program Mitra Pertashop.

BNI bakal menyiapkan Program Khusus Pembiayaan Pertashop yang diharapkan akan mempercepat terwujudnya 70.000 desa dengan SPBU Mini Pertamina.

Peresmian Pertashop dan penyerahan secara simbolis fasilitas pembiayaan kredit antara BNI, Pertamina dan Mitra Pertashop dilaksanakan di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal dan Direktur Keuangan Subholding Commercial & Trading Pertamina Arya Suprihadi.

Pertashop atau Pertamina Shop merupakan outlet penjualan Pertamina berskala tertentu yang dipersiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non subsidi, LPG Non Subsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya dengan mengutamakan lokasi di pedesaan atau kota yang membutuhkan pelayanan produk ritel Pertamina. Pertamina menawarkan 3 jenis Investasi Pertashop, yaitu Gold (untuk investasi senilai Rp250 juta), Platinum (investasi Rp400 juta) dan Diamond (investasi Rp500 juta).

Calon mitra diberikan pilihan dua skema investasi yang ditawarkan. Pertama, skema Investasi Company Owner Dealer Operation (CODO), dalam skema ini Pertamina sebagai investor dan mitra sebagai pengelola Pertashop. Kedua, skema Dealer Owner Dealer Operation (DODO), yaitu mitra sebagai investor sekaligus pengelola Pertashop.

Ada beberapa persyaratan bagi pelaku usaha yang ingin menjadi mitra Pertashop. Pertama, memiliki legalitas usaha berbentuk badan Usaha dan atau badan hukum (CV, Koperasi, PT). Kedua, memiliki kelengkapan dokumen legalitas berupa KTP, NPWP, akta perusahaan. Ketiga, memiliki atau menguasai lahan untuk pengoperasian Pertashop. Keempat, mendapatkan rekomendasi dari Kepala Desa.

Adapun pendaftaran mitra dapat dilakukan dengan mengajukan diri dengan menginput data di web www.kemitraan.pertamina.com serta menyiapkan detail lokasi, legalitas badan usaha, dan melampirkan surat rekomendasi desa. Proses berikutnya, pihak Pertamina melakukan verifikasi lapangan, dalam prosea ini dilakukan pengecekan izin bangun dengan design yang disetujui Pertamina.

Calon mitra diberikan pilihan dua skema investasi yang ditawarkan. Pertama, skema Investasi Company Owner Dealer Operation (CODO), dalam skema ini Pertamina sebagai investor dan mitra sebagai pengelola Pertashop. Kedua, skema Dealer Owner Dealer Operation (DODO), yaitu mitra sebagai investor sekaligus pengelola Pertashop. (Vitus)


Frans Gultom

Frans Gultom

Tulis Komentar

WhatsApp