Monday, 06 February 2023

Monday, 06 February 2023

BMKG Imbau Warga Banten Waspada Banjir dan Puting Beliung

Ilustrasi.

SERANG- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis hasil analisis dinamika atmosfer yang bakal terjadi dalam waktu sepekan untuk Wilayah Banten yang diprediksi dilanda cuaca ekstrem.

Untuk itu warga diimbau untuk mewaspadai banjir dan puting beliung. Menurut Kasi Data dan Indormasi BMKG Klas I Serang, Tarjono hasil analisis dinamika atmosfer, indeks ENSO di wilayah Nino 3.4 mendukung peningkatan hujan di wilayah Indonesia.

Menurutnya, suhu muka laut relatif hangat dengan nilai anomali berkisar antara +0.5 s/d +2.5 derajat celcius di wilayah Laut Jawa dapat meningkatkan potensi penguapan (penambahan massa uap air).

“Serta kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Banten,” katanya, Senin (9/1).

Dengan hasil kajian tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang sampai lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Pada 9 Januari 2023, potensi itu diprediksi terjadi di Lebak bagian Selatan, Serang bagian Barat, Tangerang bagian Tengah dan Selatan, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan.

Kemudian, 10 Januari 2023, cuaca ekstrem bakal terjadi di Tangerang bagian Selatan, Kota Tangerang Selatan. Tanggal 11 Januari 2023 terjadi di Kota Serang, Serang bagian Timur, Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan.

“Tanggal 12 Januari 2023 Lebak bagian Timur. Tanggal 13 Januari 2023 Lebak bagian Utara. Tanggal 14 Januari 2023 Lebak bagian Timur,” jelasnya.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung.  “Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi,” paparnya. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media