Besok akan Dilakukan Rekayasa Lalin di Tol Jagorawi

Mulai besok ada uji coba rekayasa lalu lintas di Tol Jagorawi.

JAKARTA  – PT Jasamarga akan melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Jagorawi, Senin (15/3). Rekayasa lalin dilakukan  untuk mengurai kepadatan lalin, khususnya menjelang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Km 10 arah Ciawi Senin (15/3) besok,

Uji coba rekayasa lalin itu sebagai upaya mengurai kepadatan yang sering terjadi di lokasi pertemuan lalu lintas (merging) Off Ramp TIP Km 10, antara kendaraan yang keluar dari TIP Km 10 dengan kendaraan yang melintasi di jalur utama Jalan Tol Jagorawi.

“Bekerja sama dengan pihak kepolisian akan melakukan uji coba rekayasa lalin untuk mengatasi kepadatan tersebut,” kata General Manager Representatif Office 1 Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad Plaza Tol Cibubur, Jakarta Tri Wahyu Subekti dalam keterangannya, tadi pagi.

Pelaksanaan uji coba rekayasa lalin ini diharapkan dapat memperbaiki aliran lalu lintas, meningkatkan waktu tempuh perjalanan, menertibkan lalu lintas, mengurangi kendaraan crossing, dan pada akhirnya dapat memperlancar lalu lintas.

“Hasil dari uji coba ini akan dilakukan evaluasi, untuk kemudian diberlakukan secara permanen jika terbukti dapat mengurai kepadatan lalu lintas setelah keluar dari TIP Km 10 arah Ciawi,” ujarnya.

Selama kegiatan uji coba rekayasa berlangsung diharapkan kerjasama dari seluruh pengguna Jalan Tol Jagorawi agar tetap berhati-hati, tertib di lajurnya, serta memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas.

“Lakukan pembaharuan informasi lalu lintas dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, di Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080,” tuturnya.

Adapun metode yang digunakan dalam uji coba rekayasa lalin Tol Jagorawi antara lain:

1. Penempatan Water Barrier sepanjang 450 M pada bahu luar dimulai dari Km 10+550 sampai dengan Km 11+000 arah Ciawi yang bertujuan untuk mensterilkan bahu jalan, sehingga tidak digunakan sebagai jalur lalu lintas, selain kondisi darurat. 2. Penempatan Stick Cone sepanjang 15 m mulai dari Off Ramp TIP Km 10 untuk menghindari kendaraan crossing.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp