Sunday, 19 May 2024

Search

Sunday, 19 May 2024

Search

Berkah Imlek, Siomay Daging Babi di Petak Sembilan Ramai Diburu Pembeli

Berkah Imlek, Siomay Daging Babi di Petak Sembilan ramai diburu Pembeli

JAKARTA- Pedagang siomay daging babi ramai diburu oleh pembeli di Pasar Petak Sembilan, Pecinan, Glodok, Jakarta Barat. Pantauan di lokasi, kemarin), pembeli yang rata-rata merupakan keturunan Tionghoa ramai menghampiri lapak siomay babi di kawasan itu. Siomay ini terbuat dari campuran tepung, daging babi, ebi, dan ikan tenggiri.

Salah satu pedagang siomay babi bernama Dika (21) mengatakan, penjualan meningkat menjelang hari raya Imlek 2023. Baginya, perayaan ini memberikan berkah untuk pedagang di Pasar Petak Sembilan.

“Sekarang kalau mau deket Imlek sih rame, tapi kalau hari-hari biasa sama aja kecuali Sabtu-Minggu kadang rame kadang sepi,” ujar Dika di Pasar Petak Sembilan.

Pria yang sudah berdagang selama dua tahun ke belakang ini mengatakan, penjualan juga makin meningkat seiring dengan kembali bergairahnya aktivitas masyarakat pasca pandemi Covid-19. “Pas pandemi ngaruh, sepi banget enggak ada yang lewat,” imbuh Dika.

Dika menceritakan, saat itu para pedagang siomay daging babi pun harus gigit jari lantaran pemasukan yang menurun secara signifikan. Kini, Dika pun mulai bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.
“Sekarang penjualan udah membaiklah, meningkat enggak kayak pas pandemi. Sehari pendapatan bisa sampai Rp 500.000,” ucap Dika.

“Dukanya dagang siomay kalau sepi doang, kalau rame ya senang,” sambung Dika diiringi tawa.

Di gang selebar 1,5 meter ini, bukan hanya Dika yang menggelar lapak siomay daging babi. Berdasarkan pantauan di lokasi, setidaknya ada empat penjual dengan merek dagang yang berbeda menggunakan sepeda lengkap dengan gerobak di atasnya. Di depan gerobak itu tertulis “Siomay Elisa Lim Siomay Babi Tangerang.” ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media