Berbagai Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Tubuh

Buah Kersen.

JAKARTA-Buah Kersen atau sering disebut sebagai buah Ceri, buah ini tumbuh di Indonesia pada daerah dingin seperti wilayah Lembang, dan Bandung. Buah karsen ini memiliki ciri khas berukuran kecil dan berbentuk bulat, biasanya ketika masih mentah berwarna hijau, dan ketika sudah matang berwarna merah cerah, dengan citarasa yang begitu manis, buah ini sangat disukai oleh anak-anak.

Karsen ini biasanya tumbuh diperkarangan rumah, maupun dipinggir jalan, sehingga pohon Karsen ini sangat mudah untuk ditemukan. Buah karsen ini kerap diabaikan dan dianggap sepele. Siapa sangka, ternyata buah Karsen ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, dan masih banyak yang belum mengetahui apa saja manfaat dari buah karsen ini.

Berikut ini penjelasan perihal manfaat dari buah karsen untuk kesehatan tubuh, dilansir dari Liputan6.com

1. Mengontrol gula darah

Buah Karsen memiliki rasa yang manis, selain rasa nya yang manis, buah ini sangat aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes, bahkan dipercaya dapat mengontrol kadar gula rendah. Pada sebuah penelitian juga sudah menemukan dan menjelaskan bahwa terdapat penurunan kadar gula darah yang cukup signifikan setelah mengonsumsi ekstrak buah Karsen.

Hal ini membuktikan bahwa buah kersen memiliki kemampuan untuk mengontrol gula darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah Karsen juga dapat membantu menstabilkan gula darah atau bahkan menurunkan dosis injeksi insulin.

2. Menjaga kesehatan jantung

Pada daun dan buah Karsen memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Buah Karsen memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah yang merupakan salah satu kriteria jantung sehat.

Jika aliran darah menuju jantung kamu tidak lancar, maka jantung akan berpotensi mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi buah Karsen dan daunnya untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

3. Mengurangi rasa sakit asam urat

Buah kersen karsen lainnya dapat mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Begitu pula bagi penderita asam urat kerap merasakan rasa nyeri yang hebat. Nah, untuk mengurangi rasa sakitnya, kamu bisa mengonsumsi buah karsen secara rutin.

Tidak hanya buah Karsennya saja, dauh buah karsen juga bisa kamu gunakan untuk meredakan nyerinya pada asam urat. Caranya, rebus daun karsen dengan air selama beberapa menit. Kemudian dinginkan dan ambil sari airnya. Setelah itu minum air tersebut secara rutin setiap hari, niscaya asam urat dapat kembali normal.

4. Anti tumor

Tidak hanya buah Karsennya, ternyata daun karsen juga memiliki efek anti tumor. Perpaduan daun dan buah karsen ini ternyata mempunyai sifat anti tumor yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan, adanya kandungan antioksidan di dalam buah karsen yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker dan tumor. Antioksidan ini berasal dari vitamin A, Vitamin C, dan betakaroten di dalamnya.

Sedangkan kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun karsen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Jika mengomsumsinya secara teratur, maka sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

5. Sumber antioksidan

Tubuh mengalami yang namanya proses oksidasi dan melepaskan radikal bebas. Jika hal ini dibairkan begitu saja, maka radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh kerap membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Jadi, kamu bisa mengomsumsi buah Karsen sebagai salah satu sumber antioksidan.

Pasalnya, buah Karsen ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat manjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Pada buah karsen memiliki kurang lebih 24 senyawa flavonoid dan fenonil di dalamnya. Hal ini lah yang menandakan kalau Karsen merupakan buah yang kaya akan antiokdisan.***

Frans Gultom

Frans Gultom

Tulis Komentar

WhatsApp