International Media

Senin, 23 Mei 2022

Senin, 23 Mei 2022

Berbagai Gaya Hidup untuk Melawan Obesitas

Ilustrasi Obesitas

JAKARTA — Obesitas adalah suatu kondisi tubuh di mana terdapat kelebihan jumlah lemak menumpuk. Selain itu, obesitas juga mengarah lebih jauh ke risiko kesehatan lain yang melibatkan penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan sebagainya.
Dilansir Hindustan Times, di negara berkembang obesitas dan kelebihan berat badan adalah kekhawatiran yang terlihat meningkat secara eksponensial selama bertahun-tahun. Berikut lima perubahan gaya hidup yang harus dimasukkan dalam kehidupan sehari-hari demi melawan obesitas:

  1. Mengonsumsi makanan sehat
    Makanan yang mengandung karbohidrat olahan, gula, dan makanan yang digoreng harus dihindari secara sadar. Lebih banyak mengonsumsi sayuran berdaun hijau dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
  2. Olahraga
    Minimal 45 menit dalam sehari harus didedikasikan untuk berolahraga. Olahraga mengencangkan otot Anda dan memiliki efek positif dalam mengurangi lemak perut. Kombinasi latihan kardio dan latihan beban adalah cara yang baik untuk mengurangi berat badan.
  3. Hindari rokok dan alkohol
    Merokok dan konsumsi alkohol membawa efek buruk yang parah bagi tubuh. Alkohol secara langsung memengaruhi hati, sementara merokok menambah komplikasi yang sudah ada terkait dengan obesitas seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.
  4. Tidur yang Cukup
    Untuk mencapai keseimbangan metabolisme dan berfungsi dengan baik setiap hari, tubuh membutuhkan jumlah tidur dan istirahat yang cukup untuk mengisi daya diri kita sendiri.
  5. Hindari Stres
    Stres menyebabkan pesta makan. Cara alternatif untuk mengatasi stres misalnya seperti meditasi dan yoga.***

Frans Gultom

Komentar

Baca juga