Berbagai Buah Cegah Dehidrasi Selama Puasa

JAKARTA -Bulan Ramadhan tinggal menghitung jam, semua masyarakat Muslim di dunia akan mulai melaksanakan ibadah puasa. Sama seperti tahun sebelumnya, ibadah puasa kali ini berbarengan dengan masa pandemi Covid-19. Tentunya seseorang harus lebih memperhatikan lagi kondisi fisiknya agar tidak jatuh sakit saat menjalankan ibadah puasa.

Salah satu hal penting untuk dilakukan adalah memastikan tubuh agar tidak dehidrasi. Sebab sebagian besar bagian tubuh manusia terdiri dari air. Sementara sistem tubuh manusia membutuhkan banyak air agar dapat berfungsi dengan baik.

Selama bulan Ramadhan jumlah asupan cairan masyarakat mungkin akan terbatas akibat menjalankan ibadah puasa. Namun selain air, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk memenuhi kadar air dalam tubuh setiap hari.

Merangkum dari laman Instagram resmi Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Senin (12/4), salah satu cara memenuhi asupan air dalam tubuh adalah mengonsumsi aneka buah yang mengandung kadar air tinggi. Selain bermanfaat untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh, buah-buahan ini juga memiliki rasa yang enak dan menyegarkan.

“Penuhi cairan tubuh, berikut buah dengan kadar air tinggi, di antaranya semangka, strawberry, blewah, jeruk, dan mentimun,” tulis unggahan tersebut.

Dengan terpenuhinya asupan cairan yang cukup, seseorang bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar tanpa takut sakit. Selain itu masyarakat juga diimbau untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 3M selama menjalankan puasa. Di antaranya adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak, dan selalu menggunakan masker. ***

Frans Gultom

Frans Gultom

Tulis Komentar

WhatsApp