Bentrokan di Pancoran, Puluhan Warga Terluka

Bentrokan antara warga dan massa yang diduga suruhan pihak PT Pertamina, pecah di Jalan Pasar Minggu, Pancoran, Jaksel

JAKARTA (IM) – Bentrokan antar warga terjadi di Jalan Raya Pasar Minggu, Pancoran, Jakarta Selatan pada Rabu (17/3)  malam. Bentrokan antara warga dengan pihak PT Pertamina, mengakibatkan puluhan warga terluka. Bentrokan itu dipicu sengketa lahan.

“Korbannya yang sudah terdata sekitar 20 orang, mereka terluka dan dibawa ke rumah sakit,” ujar Perwakilan Solidaritas Forum Pancoran Bersatu, Leon Alvinda Putra saat dikonfirmasi, Kamis (18/3).

Leon mengatakan, banyak warga yang mengalami luka, baik luka ringan maupun luka berat. Bentrokan itu terjadi karena pihak Pertamina diduga menyewa oknum ormas untuk mengusir warga.

“Itu penggusuran dari Pertamina melalui PTC, terus mereka sewa oknum ormas,” katanya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Pancoran Iptu Supardi menambahkan, kedua pihak yang tengah bersengketa itu sudah dilakukan mediasi agar tak terjadi kerusuhan kembali. Adapun tentang ormas yang disebutkan terlibat dalam bentrokan itu bukan berasal dari kawasan Pancoran.

“Sekarang sudah kami siagakan aparat keamanan untuk mencegah bentrok serupa dan di sini tak ada ormas, ya. Jadi pasti bukan dari sini,” katanya.

Guna mengantisipsi hal tak diinginkan, polisi pun bersiaga di lokasi kejadian.

“Iya malam hari tadi terjadi bentrok, sebenarnya itu sengketa (lahan) yang sudah terjadi beberapa waktu lalu,” ujar Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Azis Andriansyah pada wartawan, Kamis (18/3).

Menurutnya, kedua pihak itu sejatinya telah dilakukan mediasi untuk mengantisipasi hal tak diinginkan terjadi. Namun, saat malam hari terjadi bentrokan, yang mana diduga kedua kelompok itu ditunggangi orang luar.

“Bukan pihak-pihak yang bersengketa, tapi ada pihak luar yang menunggangi masing-masing kelompok, baik dari pihak warga maupun dari pihak satunya yang mendatangkan massa dari luar orang yang bersengketa. Ini yang menimbulkan kericuhan dan bentrokan,” tuturnya. Guna mengantisipasi hal tak diinginkan kembali terjadi, tambahnya, polisi telah mengerahkan personelnya di lapangan. Polisi pun meminta agar kedua pihak yang bersengketa itu juga untuk sama-sama menjaga Kamtibmas.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp