Belanda Sukses Atasi Latvia, Tapi Tetap Butuh Pembenahan

Laga Belanda melawan Latvia. (Foto ist)

AMSTERDAM – Belanda langsung bangkit usai kekalahan  memalukan dari Turki,  dengan melibas Latvia, 2-0, pada  lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup G yang dihelat di Johan Cruyff ArenA, Minggu (28/3) dinihari WIB.

Belanda cukup kesulitan menembus pertahanan Latvia. Meski punya 37 attempts, hanya 11 yang mengarah ke gawang dan dua di antaranya jadi gol di masing-masing babak. Pencetaknya adalah Steven Berghuis dan Luuk de Jong.

Pelatih Timnas Belanda Frank de Boer kecewa timnya hanya menang dua gol. Dia menyayangkan timnya gagal memaksimalkan segala peluang yang ada. Belanda tampil sangat agresif.

“Dari kanan ke kiri, hingga tengah, kami sudah mencoba segalanya. Seharusnya kami bisa mencetak setidaknya lima gol. Jika melihat sisi itu, laga ini membuat frustasi. Saya sadar perbedaan jumlah gol berpengaruh pada kualifikasi,” ujar De Boer dikutip NOS.

Meski begitu, De Boer tetap menyambut hasil positif yang didapat timnya. Terlebih setelah mereka sempat kalah 2-4 dari Turki pada matchday pertama. “Kami mampu menjaga tempo yang sangat tinggi. Setiap serangan berbahaya dan memberikan ancaman. Saya puas dengan cara kami meraih kemenangan, walau harus berbenah lagi untuk laga selanjutnya,” kata De Boer.

Steven Berghuis menilai  timnya terlalu banyak membuang peluang. Apalagi di babak pertama, Belanda punya dua peluang emas dari De Jong dan Davy Klaassen yang semuanya menerpa mistar.

“Sukar dipercaya, kami cuma unggul 1-0 setelah babak pertama. Saya sangat bangga dengan ini dan senang. Anda kerja keras untuk mendapatkan hasil ini. Saya ingin jadi bagian penting Oranje,” ujar Berghuis seperti dikutip AP

Pemain yang kini membela Feyenord itu  juga menjadikan gol ini sebagai yang pertama dari 23 kali penampilan bareng Timnas Belanda.

Sementara  Luuk de Jongbangga timnya bisa merespons kekalahan dengan memetik kemenangan. Dengan kemenangan atas Latvia, Oranje telah membayar awal kualifikasi yang menyakitkan. De Jong menilai Belandatelah merespons dengan sangat baik pada laga kali ini.

“Anda bereaksi terhadap hasil seperti itu. Saya pikir kami melakukannya dengan benar kali ini. Kami memberi 100 persen,” kata De Jong dilansir laman resmi timnas Belanda.

De Jong juga menilai kepercayaan diri timnas Belanda meningkat setelah gol pertama. Meski begitu, ia menilai timnya masih memiliki beberapa kekurangan dan perlu meningkatkan kelemahan mereka. “Kami senang kami menang, tapi kami juga bisa kritis terhadap diri kami sendiri,”  kata penyerang Sevilla itu.

Kapten timnas Belanda Georginio Wijaldum merasa puas dengan kinerja rekan setimnya. “Saya tidak tahu berapa banyak peluang, tapi saya pikir kami perlu sedikit lebih bersemangat untuk mencetak gol. Secara keseluruhan, adalah bagus  karena kami telah menciptakan begitu banyak peluang,” kata Wijanldum. 

Di laga lain grup ini, Timnas Turki meraih poin sempurna kala bersua Norwegia dengan kemenangan telak 3-0. Laga kedua tim berlangsung di tempat netral, yakni Stadion La Rosadela, Spanyol.

Turki sudah unggul ketika pertandingan baru berjalan empat menit lewat Ozan Tufan. Tufan muncul dari lini kedua untuk menyambut bola liar. Tembakan kaki kiri Tufan tidak mampu dibendung leh kiper Norwegia, Rune Almenning Jarstein.

Pada menit ke-28, Turki menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat Caglar Soyuncu. Bek Turki tersebut memaksimalkan umpan Yusuf Yazici untuk menggetarkan gawang Norwegia.

Di awal babak kedua, Norwegia memutuskan mengganti kiper mereka dengan Andre Hansen. Namun hal itu tak membuat penampilan Norwegia menjadi lebih baik. Turki bisa mencetak gol ketiga, kembali lewat Ozan Tufan di menit ke-59.

 Norwegia terpaksa bermain dengan 10 pemain di menit ke-80. Pemain pengganti Kristian Thorstvedt diusir wasit akibat pelanggaran berbahayanya ke Caner Erkin.

Dengan kemenangan ini, Turki kokoh di puncak klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa dengan enam poin. Sementara itu, Norwegia turun ke peringkat keempat dengan tiga poin. Montenegro  yang mengalahkan Gibraltar 4-1 berada di urutan kedua dengan nilai 6.  Sedangkan Belanda naik ke posisi ketiga klasemen dengan tiga poin, unggul jumlah gol atas Norwegia di posisi keempat. Latvia di posisi kelima dengan nirpoin.

Hasil kualifikasi lainnya, Grup A: Irlandia 0 vs Luksemburg 1; Grup E:  Belarusia 4 vs Estonia 2, Rep Ceko 1 vs Belgia 1; Grup H: Rusia 2 vs Slovenia 1, Kroasia 1 vs Siprus 0,  Slovakia 2 vs Malta 2. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp