Friday, 19 April 2024

Search

Friday, 19 April 2024

Search

BCA Bukukan Laba Bersih Rp40 Triliun

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja.

JAKARTA – Kinerja PT Bank Central Asia Tbk (BCA)  terus melanjutkan tren positifnya pada tahun 2022. Tercatat perusahaan dan entitas anak mencatatkan laba bersih Rp40,7 triliun sepanjang 2022.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja  menjelaskan, laba bersih itu naik 29,6% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. “Total kredit naik 11,7% year on year (yoy) atau Rp711,3 triliun sejalan dengan pemulihan di seluruh sektor pinjaman,” kata Jahja dalam konferensi pers, Kamis (26/1).

Dijelaskan Jahja, penyaluran kredit ini lebih tinggi dari target pertumbuhan industri 8-10%. Untuk kredit di sektor berkelanjutan 14,9% berkontribusi 25,4% ke portofolio pembiayaan BCA.

Dari sisi kredit korporasi tumbuh 12,5% atau Rp322 triliun. Lalu kredit komersial dan UMKM tumbuh 10,1% atau Rp210,2 triliun.

BCA juga mencatatkan penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) Rp108,3 triliun atau tumbuh 11% menyamai level pra pandemi. Sedangkan untuk kredit kendaraan bermotor (KKB) naik Rp13,6% yoy menjadi Rp46,1 triliun. Angka ini rebound dibandingkan periode yang sam atahun sebelumnya.

Kemudian saldo outstanding kartu kredit sepanjang 2022 tercatat Rp13,38 triliun. Menurut dia angka ini naik sejalan dengan naiknya aktivitas masyarakat. Sehingga portofolio kredit konsumer tumbuh 11,7% menjadi Rp171,3 triliun.

Untuk current account saving account (CASA) BCA juga tumbuh 10,6% pada Desember 2022.

Pada kesempatan itu Jahja mengingatkan nasabah lebih menjaga data perbankan agar tidak dimanfaatkan orang. Menurutnya, buku tabungan, kartu ATM beserta PIN adalah nyawa kedua. “Namanya KTP kemudian ATM, buku tabungan dan nomor PIN ini nyawa kedua, anda simpan baik-baik,” kata Jahja.

Belajar dari kasus pembobolan rekening nasabah yang belum lama ini viral, BCA menilai hal ini terjadi karena nasabah tidak menjaga data perbankannya dengan baik. “Enggak usah KTP dan buku tabungan, dengan memiliki ATM dan PIN saja Anda bisa Rp10 juta dan Anda bisa transfer sampai Rp50 juta tanpa ada KTP,” paparnya.

Untuk itu, Jahja mengimbau kepada para nasabah BCA untuk lebih hati-hati dalam menyimpan kartu ATM dan juga merahasiakan nomor PIN. “Itu betapa pentingnya menyimpan ATM dan PIN number, itu saya pesan ke nasabah supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tandasnya.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media