International Media

Selasa, 4 Oktober 2022

Selasa, 4 Oktober 2022

Bayern Kunci Gelar Bundesliga

Pemain Bayern Munich bergembira usai mencetak gol ke gawang Borussia Dortmund.

MUNICH  – Bayern Munich mengunci gelar juara Bundesliga musim ini. Kepastian itu diraih usai mengalahkan sang rival, Borussia Dortmund dengan skor 3-1, dalam laga  di Allianz Arena, Sabtu (23/4),

Dalam laga itu, Bayern membuka keunggulan di menit ke-15 lewat Serge Gnabry lalu disusul Robert Lewandowski (34’). Di babak kedua, Dortmund memperkecil kedudukan lewat penalti Emre Can (52’). Namun Bayern menuntaskan laga lewat gol   Jamal Musala (83’).

Bayern pun mengumpulkan 75 poin dari 31 laga, unggul 12 poin dari Dortmund di urutan kedua. Dengan tiga laga tersisa, Erling Haaland dkk tak mungkin bisa mengejar.

Ini merupakan gelar Liga Jerman ke-32 bagi Bayern, atau yang kesepuluh secara beruntun. Bagi pelatih Julian Nagelsmann, ini menjadi gelar liga perdananya.

Selama 10 tahun terakhir, Bayern telah menjelma menjadi tim yang terlalu dominan di tanah Jerman. Tak sekalipun mereka tersentuh. Jika sesekali mereka berada dalam periode negatif, pada akhirnya Manuel Neuer dkk selalu berhasil bangkit dan menjadi juara di akhir musim.

Di lima liga top Eropa, Bayern juga mengalahkan rekor juara liga sembilan kali beruntun milik Juventus. Namun yang paling gila, Die Roten unggul jauh dari tim-tim lain di Jerman dalam hal koleksi trofi juara liga.

Gelar Bundesliga musim ini adalah yang ke-32 untuk Bayern. Tim kedua yang paling banyak mengoleksi gelar Liga Jerman adalah Nurnberg, yang kini bermain di divisi dua. Mereka memenangi gelar sembilan kali, namun terakhir diraih pada 1967/68.

Dortmund berada di urutan ketiga dengan delapan gelar, terakhir diraih pada 2011/12 saat masih dilatih Juergen Klopp. Schalke 04 berada di urutan keempat dengan tujuh trofi, dengan terakhir menjadi juara pada 1958.

Sementara tim-tim lainnya yang pernah menjuarai Liga Jerman memiliki gelar lebih sedikit dari itu. Bahkan capaian Bayern selama 10 tahun terakhir sudah berhasil mengalahkan koleksi gelar tim-tim lainnya di Jerman.***

Vitus DP

Komentar