Bayern Bikin Barca Merana di Camp Nou

Robert Lewandowski dan Thomas Mueller bersukacita di tengah kegalauan pemain Barcelona.

BARCELONA –  Bayern Munich  membuat Barcelona merana dalam laga matchday pertama Grup E Liga Champions 2021/2022 di Camp Nou, Rabu (15/9) dinihari WIB. Bayern Munich menang telak, 3-0 lewat  gol Thomas Mueller di babak pertama dan dua gol Robert Lewandowski di babak kedua.

Tim tamu bermain begitu dominan. Walau penguasaan bola beda unggul tipis 52 persen berbanding 48 persen, tapi Bayern begitu garang di depan gawang. Bayern Munich total mencatatkan 17 tembakan berbanding lima. Shots on target tim tamu berjumlah tujuh dengan Barcelona rumah tanpa satupun tembakan ke gawang.

Bayern pun menambah daftar kelam Barcelona. Setelah musim lalu, mereka mencukur gundul dengan skor 8-2.

Pelatih Bayern Munich, Julian Nagelsmann memuji penampilan para pemainnya. Ia menyebut kalau Barcelona memang merepotkan timnya,  tapi   hanya di menit-menit awal.

“Kami bermain sangat baik kali ini. Kami memiliki masalah dalam tujuh atau delapan menit pertama. Kami tidak cukup berani, tetapi kemudian kami melakukan beberapa penyesuaian,” katanya seperti dilansir dari situs resmi UEFA.

Secara khusus ia memuji dua pemain senior Bayern Munich yakni Mueller dan Lewandowski. Keduanya jadi pemecah kebuntuan.”Saya bangga memiliki mereka berdua di tim ini. Mereka adalah pemain bintang,” terangnya.

 Selain bermain berani, kunci kemenangan  Bayern Munich kali ini adalah bertahan dengan baik. “Saya senang dengan clean sheet ini. Kami bertahan dengan sangat baik menghadapi tim yang gayanya menyerang,” ujarnya.

Lewandowski sendiri menyebut bahwa Muller yang baru berulang tahun mencetak gol awal yang sangat penting. Atas gol pembuka itu, pemain berusia 33 tahun itu meyakini bahwa Barcelona tidak memiliki peluang sama sekali.

“Kami menyanyikan Selamat Ulang Tahun kemarin, tetapi hari ini dia (Muller) memberi dirinya hadiah. Itu adalah gol yang penting. Itu memberi kami kepercayaan diri. Tapi kami juga bermain sangat baik saat bertahan, Barca tidak punya peluang sama sekali,” ujar Lewandowski dilansir dari Bavarian Football works.

Di pihak Barca, pelatih Ronald Koeman mengakui Bayern memang lebih baik dan punya kedalaman skuad. “Secara taktik, ada momen di mana kami memegang kendali. Permainan Bayern di sepertiga tengah dan Anda harus mengisi kekosongan di sana. Untuk saat ini beginilah adanya. Saya tidak bisa mengeluhkan sikap para pemain, tapi ada perbedaan kualitas. Bayern adalah tim yang sebagai kelompok sudah bersama-sama untuk waktu yang lama dan juga punya bangku cadangan yang sudah membaik,” ujar Koeman seperti dilansir Marca.

Ia memberi indikasi bahwa skuad Barcelona saat ini butuh waktu untuk memangkas gap dengan tim-tim besar Eropa lainnya. “Ada pemain yang baru 19 tahun atau 20 tahun. Jika Anda membandingkan mereka dengan pemain yang dimiliki (Bayern Munich), ada perbedaan. Dalam beberapa waktu, perbedaannya akan makin kecil,”  ujar Koeman

Kekalahan  ini memang berujung rekor buruk utuk Barca. “Ini kekalahan besar dan main di kandang, ini adalah hasil buruk. Kami tidak akan membohongi diri sendiri,” kata bek Gerard Pique seperti dilansir situs resmi UEFA.

Itu berarti Barcelona selalu kalah dalam tiga pertandingan kandang terakhir di Liga Champions. Menurut catatan yang dilansir Opta, ini jadi kali pertama dalam sejarah Barcelona melewati tren negatif seperti itu.

Sebelum dikalahkan Bayern, Barcelona takluk saat menjamu Paris Saint-Germain dan Juventus. Makin buruk karena Barcelona kalah dengan margin tiga gol dalam ketiga pertandingan itu.

“Kalau kami harus jujur, sekarang kami bukan favorit, tapi tidak masalah. Bayern benar-benar solid dan kami adalah kami. Beginilah adanya. Pada akhirnya, kami banyak memainkan anak muda. Kami adalah Barca dan saya tidak akan beralasan. Kami akan lihat di akhir musim,” ujar Pique.

Hasil laga lainnya adalah Dynamo Kyiv 0-0 Benfica (grup E), Villarreal 2-2 Atalanta (grup F) serta Sevilla 1-1 FC Salzburg dan Lille 0-0 Wolfsburg (grup G).***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp