International Media

Rabu, 18 Mei 2022

Rabu, 18 Mei 2022

Bawang Merah Mampu Cegah Risiko Kanker sampai Obati Maag

Bawang Merah (ilustrasi)

JAKARTA (IM)– Bawang merah tentu sudah familiar dan menjadi salah satu bumbu tambahan saat memasak. Bawang merah bisa membuat masakan menjadi lebih sedap. Banyak masakan Indonesia menggunakan bawang merah. Bawang merah merupakan produk alam berupa tanaman yang telah banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bumbu masakan.
Namun selain sebagai bumbu masakan, ternyata bawang merah memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja?

  1. Mengobati maag
    Menurut dr. Lonah, Sp.FK dokter spesialis farmakologi, bawang merah memiliki banyak manfaat. Manfaat oertama adalah mampu membantu mengobati penyakit maag.
    “Penyakit maag atau gastritis merupakan peradangan pada lambung yang dapat disebabkan oleh infeksi bakteri helicobacter pylori, senyawa aktif yang terdapat pada bawang merah dapat menghambat pertumbuhan bakteri tersebut jadi sangat baik apabila penderita maag atau gastritis,” katanya baru baru ini.
    “Namun yang perlu diperhatikan adalah penderita sakit Maag atau gastritis sebaiknya mengurangi makan makanan gorengan termasuk bawang goreng karena dapat memperparah kondisi peradangan pada lapisan lambungnya,” sambungnya.
    bawang merah merupakan tanaman obat yang memiliki efek meningkatkan daya tahan tubuh atau bersifat imunomodulator alami dengan mengkonsumsi satu siung bawang merah setiap hari sebagai kudapan lalapan atau makanan pendamping dapat memelihara kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Jaga daya Tahan Tubuh
    Makanan bergizi ialah salah satu cara untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Kabarnya mengonsumsi bawang merah dapat meningkatkan imunitas tubuh, benarkah? “Itu fakta. Bawang merah merupakan tanaman obat yang memiliki efek meningkatkan daya tahan tubuh atau bersifat imunomodulator alami. Dengan mengkonsumsi satu siung bawang merah setiap hari sebagai kudapan lalapan atau makanan pendamping dapat memelihara kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh anda,” ujarnya.
  3. Turunkan demam
    Demam adalah salah satu gangguan kesehatan yang kerap terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Fakta atau mitos ya kalau bawang merah dapat turunkan demam anak? “Itu fakta bawang merah selain bermanfaat sebagai bumbu masakan manfaatnya untuk kesehatan telah banyak dirasakan oleh masyarakat seperti menurunkan demam pada anak. Senyawa aktif yang terdapat pada bawang merah adalah senyawa yang mudah menguap sehingga dapat menghantarkan panas dari tubuh ke kulit, sehingga membalurkan bawang merah dapat membantu menurunkan demam terutama pada anak-anak,” ujar dokter Lonah.
  4. Bantu turunkan kolesterol
    Nyeri dada, mudah lelah serta kesemutan, hati-hati, itu merupaka gejala kolesterol tinggi. Gaya hidup kerap menjadi salah satu penyebab naiknya angka kolesterol. Katanya konsumsi bawang merah dapat menurunkan kolesterol, fakta atau mitos? “Itu fakta.
    Bawang merah mengandung senyawa allicin yang memiliki efek menurunkan kadar kolesterol darah. Dengan mengonsumsi bawang merah mentah setiap hari sebanyak 2 siung sampai 3 siung disertai dengan makan makanan sehat yang lainnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol anda,” katanya.
  5. Cegah risiko kanker
    Bawang merah mengandung beberapa senyawa yang memiliki efek antioksidan. Artinya dapat melindungi sel tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas.
    “Selain itu bawang merah juga memiliki efek antikanker terutama terhadap sel kanker paru-paru, kolon dan juga payudara. Jadi cukup baik apabila anda mengkonsumsi bawang merah mentah setiap hari sebagai usaha untuk memelihara kesehatan termasuk mencegah penyakit kanker,” katanya.***

Frans Gultom

Komentar

Baca juga