Barracuda hingga Water Cannon Terparkir di PN Jaktim saat Sidang Offline Habib Rizieq

Barracuda dan Water Cannon tampak terparkir di sekitar PN Jaktim saat sidang offline Habib Rizieq digelar.

JAKARTA – Satuan Polres Metro Jakarta Timur terus mengimbau para  Simpatisan Habib Rizieq Shihabagar mematuhi protokol kesehatan (prokes) di luar Pengadilan Negeri (PN) Jaktim, saat sidang Habib Rizieq digelar secara offline.

Lewat mobil pengeras suara ‘raisa’ polisi terus meminta agar mereka selalu mematuhi prokes.

“Patuhi prokes, menjaga jarak, menghindari kerumanan, dan memakai masker,” seru Polisi lewat mobil pengaras suara ‘raisa’ di luar PN Jaktim, Jumat (26/3).

Pantauan di lokasi sekitar pukul 08.30 WIB Rizieq Shihab tiba di PN Jaktim dengan menggunakan kendaraan tahanan dikawal ketat sejumlah personil Brimob.

Situasi di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur terpantau kondusif dengan pengawalan ketat dari petugas keamanan gabungan dari unsur TNI-Polri.

Sejumlah kendaraan pengurai massa, sperti barracuda dan “water cannon” tampak terpakir di sekitar PN Jaktim.

Sebagai informasi, Jumat (26/3) merupakan sidang lanjutan dengan menghadirkan langsung terdakwa Habib Rizieq Shihab dengan agenda pembacaan eksepsi untuk perkara perkara nomor 221 terkait kasus kerumunan di Petamburan dan perkara nomor 226 terkait kerumunan di Megamendung.

Keputusan menghadirkan langsung terdakwa Habib Rizieq Shihab di persidangan berdasarkan pertimbangan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur dipimpin oleh Suparman Nyompa yang mengabulkan permohonan tim kuasa hukum terdakwa.

“Menimbang bahwa setelah dilakukan sidang daring ternyata ada hambatan di persidangan karena ada gangguan sinyal internet tiba-tiba menurun, dan terdakwa merasa tidak dapat berkomunikasi dengan baik di persidangan karena tidak bertatap muka langsung,” kata Suparman Nyompa dalam persidangan.

Selanjutnya, majelis hakim meminta kepada tim kuasa hukum terdakwa Habib Rizieq Shihab untuk menjamin penerapan protokol kesehatan dalam ruang sidang.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan bahwa sebanyak 1.985 personel gabungan dari unsur TNI-Polri disiagakan untuk mengamankan jalannya sidang langsung Rizieq Shihab. “Kita mengimbau kepada simpatisan untuk tidak datang nanti malah melanggar protokol kesehatan,” ujar Yusri.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp